Jumlah Sarjana di Kepri Bertambah Lagi

0
501
KETUA STAIN-SAR Kepri, Dr Muhammad Faisal (kiri )bersama Ketua Senat STAIN-SAR Kepri, Aris Bintania, M.Ag saat memberikan penghargaan lulusan terbaik tahun 2019 yakni Hafizhotil Mawaddah dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam. f-istimewa

STAIN SAR Kepri Wisuda 124 Mahasiswa

Jumlah sarjana di Kepri bertambah lagi. Sebanyak 124 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau diwisuda di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (16/11).

TANJUNGPINANG – Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Strata I Angkatan IV tahun Akademik 2019/2020 ini diikuti seluruh anggota senat STAIN SAR Kepri.

Rapat senat ini dibuka secara resmi oleh Ketua Senat STAIN Sultan Abdurrahman Kepri, Aris Bintania, M.Ag.

Adapun rincian dari wisudawan/ti yang lulus yaitu dari empat Program Studi (Prodi) yaitu 76 mahasiswa/i dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 32 mahasiswa/i dari Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES), 11 mahasiswa/i dari Prodi Ahwal Syakhsiyyah (AS) dan 5 mahasiswa dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

Ketua STAIN-SAR Dr. Muhammad Faisal M.Ag dalam laporannya meminta kepada wisudawan/ti untuk selalu menjaga nama baik kampus walaupun sudah tidak lagi kuliah.

”Setelah lulus dari kampus ini, saya harap Anda semua selalu menjaga nama baik almamater dan selalu berguna di masyarakat. Dan sebagai lulusan dari Sekolah Tinggi Agama Islam yang berbasiskan nilai-nilai keislaman, harus bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kebersaan dalam mencapai kesejahteraan,” ucap Muhammad Faisal.

Ia melanjutkan, sejak beralih status menjadi STAIN, kampus ini terus berbenah diri dan berkembang mengikuti kebutuhan perkembangan zaman, kebutuhan sarjana di Kepri serta arahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Saat ini, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau telah memiliki tiga jurusan dengan delapan Program Studi yaitu Jurusan Tarbiyah dan ilmu Keguruan memiliki Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Tadris Bahasa Inggris (TBI).

Sementara jurusan Syariah dan Ekonomi Bisnis Islam terdapat Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Manajemen Bisnis Syariah (MBS).

Untuk jurusan Ushuluddin Adab dan Dakwah terdapat Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Wisuda Angkatan ke IV ini STAIN-SAR Kepri meluluskan 4 wisudawan/ti dengan predikat lulusan terbaik (Cumlaude) dari 4 Prodi.

Adapun lulusan terbaik wisuda sarjana angkatan IV STAIN-SAR Kepri yaitu Prodi Manajemen Pendidikan Islam Hafizhotil Mawaddah dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,59 yang sekaligus lulusan terbaik STAIN-SAR Kepri.

Selanjutnya dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Rizkhan Frianda dengan IPK 3,52, Prodi Akhwal Syakhsiyyah Muhammad Abdul Ghofur dengan IPK 3,52 dan dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah Nuraliza dengan IPK 3,55.

Di sela kegiatan itu ada penyampaian pesan dan kesan wisudawan yang di sampaikan oleh Hafizhotil Mawaddah. Dimana dalam pesan dan kesannya, ia mengucapkan terimakasih kepada dosen yang selalu membantu dan memperjuangkan kelulusan mereka.

”Kami sadar begitu banyak perjuangan dari dosen. Selalu Untuk mengamalkan apa yang diajarakan sama kami. Kami sadar tidak sedikit kesalahan yang kami buat kepada Bapak dan ibu,” katanya.

”Untuk teman-teman, ini bukan merupakan akhir tetapi merupakan awal dari perjuangan kita. Untuk itu kita tetap bersama berjuang. Karena, kita akan menjadi orang yang berada di masyarakat. Kita harus menjadi menjadi sebuah inspirasi,” ungkap Hafizhotil Mawaddah.

Dalam acara wisuda sarjana STAIN-SAR ini turut hadir tamu undangan yaitu Plt Gubernur Kepri yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Syamsul Bahrum M.Si Ph.D, Walikota Tanjungpinang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Mazrul Hendri, Bupati Bintan yang diwakili oleh Ir. Dian Nusa MM M.A, perwakilan dari Polres Tanjungpinang, jajaran SKPD dan tamu undangan lainnya.

Selain dari prodi yang ada, saat ini STAIN Sultan Abdurrahman Kepri juga sedang mengajukan lima program studi baru lagi, yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan Konsling Islam (BKI), Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan Akuntansi Syariah (ASy). (ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here