Juni, Dompak Terang Benderang

0
491
DIBENAHI: Kawasan Pulau Dompak difoto dari atas belum lama ini. Lampu jalan di kawasan ini akan dibenahi dan terang benderang Juni nanti. F-dok/tanjungpinang pos

DOMPAK – Pemprov Kepri melanjutkan pembenahan Pulau Dompak tahun 2018 ini. Selain memperbaiki infrastruktur yang ada, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sudah memerintahkan agar lampu-lampu jalan di Pulau Dompak menyala kembali.

Saat ini, banyak lampu jalan di Pulau Dompak sudah rusak. Sebagian lagi masih bagus, namun baterai lampu jalan ada yang hilang dan ada yang rusak. Baterai yang hilang dan rusak harus diganti dan diperbaiki.

Gubernur berharap, sebagai kawasan pemerintahan dan pengembangan lokasi wisata, penerangan harus dibenahi juga. Sehingga Dompak akan ramai di malam hari dan pengunjung betah. Pulau Dompak akan dijadikan the new destination tourism.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar mengatakan, tahun 2018 nanti puluhan miliar APBD Kepri dialokasikan untuk pembangunan di Pulau Dompak.

Anggaran ini terbagi di tiga dinas yakni, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Distamben).

Alokasi anggaran yang ada di Distamben sekitar Rp 3 miliar. Di Dinas Pemuda dan Olahraga sekitar Rp 20 miliar dan di Dinas Pekerjaan Umum sekitar Rp 14,2 miliar.

Anggaran di Distamben akan dialokasikan untuk penambahan tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan sebagian lagi untuk memperbaiki lampu yang rusak.

Sedangkan anggaran di Dinas Pemuda dan Olahraga untuk membangun lapangan bola bertaraf internasional. Februari nanti, kemungkinan pembangunan lapangan sepakbola ini akan dimulai.

Adapun anggaran di Dinas Pekerjaan Umum yakni, sekitar Rp 4,8 miliar untuk menyelesaikan pekerjaan gapura Jembatan 1 Dompak, sekitar Rp 4,5 miliar untuk peningkatan atau mengaspal jalan, sekitar Rp 4,5 miliar untuk membenahi bundaran dan sekitar Rp 200 juta untuk memulai pembangunan kawasan wisata bakau alias mangrove.

Sebagian anggaran di Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki lampu jalan yang rusak. ”Juni nanti sudah harus kelar. Pulau Dompak sudah harus terang dan bersinar di malam hari,” ujar Abu Bakar kepada Tanjungpinang Pos di Aula Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Rabu (3/1).

Abu Bakar mengatakan, pembenahan Pulau Dompak untuk menguatkan destinasi wisata di Kepri khususnya di Tanjungpinang. Harus ada destinasi baru yang dibangun jika kunjungan wisman ingin ditingkatkan.

Memang, pada awalnya, destinasi wisata Pulau Dompak sifatnya masih lokal. Namun ke depan, seiring dengan perkembangannya dan pembangunan yang terus akan dilakukan setiap tahun, kawasan ini akan menjadi tujuan berwisata bagi para turis.

Gubernur ingin masyarakat bisa menikmati wisata dengan biaya murah. Bagi masyarakat kecil yang tidak punya biaya untuk jalan-jalan, maka sudah ada tambahan destinasi wisata yang bisa mereka jangkau dengan mudah dan murah.

Karena itu, pembangunan Pulau Dompak dilakukan step by step. Dimulai dengan pembenahan pintu masuk di Jembatan 1 Dompak, pengaspalan jalan, pembenahan pedestrian, membangun tugu provinsi hingga nantinya disediakan wisata mangrove.

”Dari awal masuk sampai di dalam kawasan Dompak, masyarakat bisa menikmati wisata yang tersedia. Pak gubernur ingin semua masyarakat bisa menikmati wisata gratis ini,” bebernya lagi.

Memang, butuh biaya besar untuk menyulap Dompak menjadi kawasan wisata yang utuh sepenuhnya. Apalagi Pulau Dompak sangat luas. Namun, dari tahun ke tahun akan selalu dilakukan pembenahan. Kantor-kantor juga akan bertambah nanti di sana.

Tahun 2017 lalu, Kanwil Dirjend Perbendaharaan Negara Provinsi Kepri yang membangun kantornya di sana. Masih ada lagi nanti instansi lain yang akan membangun kantor di Dompak. Kemudian, akan ada lapangan sepakbola. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here