Juni, Hasil Kajian Air Selesai

0
518
Konter mandiri di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam bisa digunakan para pemohon izin untuk mengundul file dan scan dokumen sendiri. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan skenario pengelolaan air bersih di Batam, dengan lelang terbuka. Kajian dilakukan untuk rencana pengelolaan air bersih di Batam. Termaksud untuk mengahiri kontrak dengan pihak PT ATB. Diharapkan, pertengahan tahun 2018 ini, sudah diperoleh gambara terkait aset-aset dan rencana ke depan.

Harapan itu disampaikan Kepala BP Batam, Sabtu (10/2) di Batam, menyikapi akhir konsesi pengelolaan air dengan PT ATB. ”Pertengahan tahun ini, kita harapkan sudah ada gambaran, bagaimana nanti setelah tahun 2020, pengelolaan air bersih untuk masyarakat Batam,” tegasnya.

Baca Juga :  Polda Kepri Tangkap WN Malaysia Perekrut TKI Ilegal

Diakui, tim konsesi air bersih dari ATB masih menyiapkan segala sesuatu untuk mengakhiri konsesi air bersih. Dimana, BP Batam seperti sebelumnya, dinyatakan tidak akan memperpanjang kerjasama dengan ATB. ”Bagi kami, kita tidak akan melakukan perpanjangan. Untuik itu kita akan melakukan penawaran terbuka. Sebelum itu kita melakukan kajian. Tim konsensi masih menyiapkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Lukita menyatakan, ada tim dibentuk terkait konsesi air bersih. Diantaranya, tim evaluasi terhadap kerjasama selama ini, kemudian tim akhir kerjasama dan tim untuk kerjasama pasca 2020. Sementara untuk aset ATB yang harus diserahkan ke BP sebagaimana konsesi, Lukita mengaku belum mendapat laporan perhitungan.

Baca Juga :  BP Bentuk Tiga Tim Jelang Akhir Konsesi

”Untuk transfer aset dan nilai aset, belum. Kita ingin tim penilai independen untuk aset, sehingga nanti lebih baik saat menawarkan ke investor,” jelas Lukita.

Ditanya kemungkinan ATB untuk kembali mengelola air bersih di Batam, Lukita tidak menutup kemungkinan. Hanya saja diingatkan, semua harus mengikuti tender. Namun diberikan catatan, BP Batam kedepan ingin mendapatkan dua hal dari calon pengelola air bersih, untuk masyarakat.

Dengan dua target yang diinginkan kedepan, BP akan membuka penawaran untuk perusahaan yang akan mengelola air bersih di Batam.Kontrak ATB dengan BP Batam, berakhir 2020. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 122 Tahun 2015 tentang sistem penyediaan air minum, yang mengamanatkan pengeloaan air bersih tidak boleh lagi sepenuhnya dikelola swasta.

Baca Juga :  504 Paket Sembako untuk Kaum Duafa

Calon investor yang berminat mengelola air di Batam, ada tujuh. Ada dari BUMN, Jepang, Korea, ATB dan lainnya. Rencananya lelangnya akhir 2018,” katanya (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here