Juni, Pas Pelabuhan Naik Lagi

0
1095
Manajemen Pelindo memasang spanduk di kawasan Pelabuhan SBP Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Tarif pas masuk Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) rencananya kembali dinaikkan per 1 Juni mendatang. Sebagai bentuk sosialisasi manajemen PT Pelindo kepada masyarakat,  spanduk sudah  dipasang di kawasan pintu masuk pelabuhan SBP.

Di spanduk itu tertera tulisan pas masuk pelabuhan internasional SBP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dari Rp 35 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per orang. Sedangkan pengguna jasa Warga Negara Asing (WNA) dari Rp 55 ribu menjadi Rp 60 ribu per orang. Masing-masing naik Rp 5 ribu per orang.

Baca Juga :  Banyak Lowongan, Tapi Harus Ada Skill

Sedangkan untuk pengantar dan penjemput dikenakan Rp 10 ribu. Ini berdasarkan SK Direksi PT Pelindo nomor US/11/1/20/P1-18 tentang Penyesuaian tarif Jasa Penumpang (Pas) pelabuhan luar negeri SBP Tanjungpinang.

Anggota DPRD Tanjungpinang, Reni mengaku sudah mengetahui rencana Pelindo tersebut dari spanduk yang telah dipajang di kawasan SPB. Menurutnya kenaikan tidak bisa dilakukan sepihak tanpa ada komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Saya belum tanyakan wacana kenaikan tarif ini kepada Dishub dan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Pak Raja Ariza,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Sabtu (19/5) pagi.

Baca Juga :  Peringkat Investasi Kepri Meningkat

Reni menuturkan, sesuai aturan di BUMN, jika berencana menaikkan tarif pun minimal tiga bulan sebelumnya harus melakukan sosialisasi. Selain itu, membicarakan hal ini kepada stakeholder.

Anggota Komisi II DPRD Tanjungpinang tersebut juga menyebutkan, sejak awal mengingatkan bahwa kenaikan tarif pada 2017 sudah final, jangan ada lagi rencana kenaikan dengan  alasan pembangunan  selesai.

Untuk diketahui, dulu tarif di pelabuhan internasional SBP Ro 13 ribu yang dinaikkan per Juni 2017 sampai kini menjadi Rp 35 ribu untuk WNI dan Rp 55 untuk WNA. Satu tahun kemudian tarif rencana dinaikkan kembali dengan alasan yang belum disampaikan. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here