Kader PKK Toapaya Asri Dilatih Bertani Modern

0
373
PENGURUS dan anggota PKK Toapaya Asri membuat media tanam dengan teknologi hidroponik, di aula Kantor Kelurahan Toapaya Asri, kemarin.

BINTAN – Belasan pengurus dan kader PKK Kelurahan Toapaya Asri dilatih cara bertani modern, dengan teknologi hidroponik, di Aula Kantor Kelurahan Toapaya Asri, Kamis (26/9) pagi kemarin. Upaya ini dilakukan untuk menjadikan kaum ibu yang mandiri dan mampu memanfaatkan pekarangan, serta menghasilkan pendapatan keluarga.

Dalam pelatihan ini, kader dan pengurus PKK Toapaya Asri diberikan keterampilan cara membuat media tanam hidroponik (rockwool), memasukkan benih sayuran sawi dan selada ke dalam lubang rockwool, serta budi daya sayuran tersebut hingga masa panen. Pelatihan bertani modern dengan teknologi hidroponik ini diberikan oleh Arnel, dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan.

Baca Juga :  Pemkab Siapkan Rp 3,8 Miliar

Lurah Toapaya Asri Nepy Purwanto mengatakan, pihaknya sengaja menyediakan anggaran untuk pelatihan bagi kader dan pengurus PKK kelurahan, agar ke depannya bisa mandiri dalam mencetak uang.

”Selama ini, kan kalau ada kegiatan pasti minta bantunya ke kelurahan. Semoga ke depannya bisa mandiri,” ungkap Nepy.

Untuk tahap awal kata Nepy, pihaknya hanya membantu pengadan instalasi tanaman, benih, media tanam (rockwool), serta nutrisi. Setelah panen, pengurus PKK yang akan mengelolanya, agar bisa mendatangkan nilai ekonomis bagi ibu-ibu PKK.

Baca Juga :  Badai, Pencarian Korban Tenggelam Ditunda

Cara bertani dengan teknologi hidroponik ini, potong rockwool seukuran dadu, kemudian basahi dan lubangi setusuk gigi untuk tempat benih. Tunggu hingga bibit tumbuh 4 daun, kemudian dipindahkan ke lokasi tanam (pipa) di bawah green house atau tempat terbuka. Pelatihan ini digelar sampai, Jumat (27/9) ini. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here