Kades Lancang Kuning Serukan Budidaya Kelulut

0
740
TERNAK KELULUT: Seorang pe ternak lebah kelulut di Desa Lancang Kuning, Bintan Utara. Lebah ini banyak bermanfaat untuk pertanian. F-JENDARAS/TANJUNGPINANG POS

Cara Pemerintah Desa Meningkatkan Sektor Pertanian

TANJUNGUBAN – Pemerintah Desa Lancang Kuning menyerukan warga agar mengembangbiakan kelulut di wilayahnya. Karena, kelulut bisa meningkatkan produksi sektor pertanian, tanaman buah-buahan.

Kholili Bunyani, Kepala Desa Lancang Kuning mengatakan, saat ini kelulut banyak dikembangkan warga untuk diambil madunya. Ternyata, peternakan kelulutan ini memberikan dampak positif bagi pertanian warga. Kelulut yang banyak berkeliaran bebas, mampu membantu proses penyerbukan buah-buahan di perkebunan warga.

Ia menambahkan, seperti tanaman salak, kini tidak perlu penyerbukan dengan bantuan manusia. Kehadiran kelulut sudah membantu proses penyerbukan bunga salak, yang akan berbuah kemudian.

”Kami serukan ini karena potensi ekonominya cukup baik. Warga yang mengerjakan lebah kelulut dapat memanen madunya setiap hari. Harganya juga cukup lumayan,” katanya, Jumat (6/10).

Ia menyebutkan, kelulut saat mencari makan tersebut membantu proses pembuahan dan penyerbukan tanaman warga. Ini menguntungkan. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here