Kadin Minta Pemda Aktifkan Pelabuhan Berakit

1
192

TANJUNGPINANG – Pelabuhan Tanjungberakit sudah lima tahun terakhir ini selesai dibangun, namun belum juga dioperasionalkan.

Hal ini dinilai pembaziran padahal kalau digunakan dapat berdampak positif pada pelayanan kunjungan wisatawan manca negara yang ingin ke Bintan

Hal ini dikatakan, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Kepri Bidang Pariwisata, Edi Surbakti.

Ia menuturkan, bila sesuai dengan pernyataan Kadishub Kabupaten Bintan, Yandrisyah mencari pihak swasta yang mau mengelola pelabuhan tersebut, pihak Kadin siap memfasilitasi.

“Jika memang bersedia pelabuhan ini di kelola oleh swasta kami siap memfasilitasi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Diantaranya, mencari pihak swasta yang memiliki modal untuk mengelola pelabuhan tersebut.

Sebagai gambaran, menurutnya, jika pelabuhan internasional Tanjungberakit itu dioperasikan diyakini, Wisman yang datang ke Pulau Bintan tidak hanya memilih Lagoi, melainkan masih banyak tempat lainnya di Bintan yang layak dikunjungi.

“Bagi pengunjung hight class tujuan Lagoi tepat, namun bagi yang kalangan menengah bisa destinasi lainnya, masih ada Pantai Trikora dan banyak lagi lainnya yang tak kalah dari Bali,” sarannya.

Ia menilai jika masih mempersoalkan masalah administrasi fasilitas maka pembangunan yang mengggunakan uang rakyat itu pasti akan mubazir, kemudian mangkrak sehingga menimbulkan persoalan baru.

“Kita sangat mendorong pemda membuka pelabuhan itu, menyangkut siapa pun pengelolanya tidak menjadi persoalan,” tutur Edi.

Pengusaha yang bergelut disektor pariwisata Kepri ini, menilai Pulau Bintan sangat berpotensi di kunjungi wisatawan manca negara. Bintan terkenal dengan wisata bahari laut untuk traveling, snokling dan lainnya.

Ditambah lagi pemandangan yang masih sangat alami, pantai dan suguhan makanan yang lezat, serta masyarakar yang ramah tamah masyarakat terhadap turis menjadi ciri khas. Bahkan, sebagian pengunjung menilai, Bintan lebih baik di bandingkan Bali. (ais)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here