Kadis Pariwisata Batam Dievaluasi

0
839
Pebrialin

BATAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin mengakui jika kinerja Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Batam, Pebrialin kurang maksimal. Ketua DPRD Batam juga menilai jika kinerja Pebrialin tidak maksimal. Demikian dalam penyusunan program dan anggaran. Sehingga target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tidak maksimal di Batam.

Jefridin saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (29/12) mengakui kondisi itu. Diakui, untuk membangkitkan pariwisata, dibutuhkan kreativitas dan kerja keras. ”Ya, memang pariwisata belum maksimal. Makanya Kadisnya sekarang sedang kita evaluasi,” tegas mantan Kadis Pendapatan Batam ini.

Ditempat berbeda, Ketua DPRD Batam, Nuryanto mendukung evaluasi terhadap Kadispar. Kadispar dinilai lemah dalam program. Sementara dari infrastruktur sudah mendapat dukungan melalui program pembangunan yang dilakukan Wali Kota. Ditambah dengan dukungan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

”Infrastruktur sudah didukung mulai dibangun, tapi Kadis kurang kreatif,” cetusnya.

Diingatkan, Kadispar harus kreatif. Dari evaluasi yang mereka lakukan, kegiatan Dispar masih normatif dan sama dengan kegiatan tahun 2016 lalu. ”Pada hal Batam dijadikan kota pariwisata. Objek pariwisata kita lemah,” sambungnya.

Menurutnya, dari perencanaan program, Dispar dinilai lemah. Objek pariwisata juga masih kurang, walau mulai dibangun Wali Kota Batam. Rencana program juga dinilai kurang mempuni. ”Inovasinya kurang. Pada hal potensi di Batam sangat besar. Disparnya kurang gagasan,” imbuhnya.

Saat ditanya kemungkinan kendala anggaran yang dihadapi Dispar untuk mendukung kreativitas dalam membangun kepariwisataan, Nuryanto membantah. ”Kita siap dukung mengalokasikan kalau ada program diajukan. Nggak mungkin kita kasih-kasih anggaran, idenya mereka tak ada,” cetusnya mengakhiri.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here