Kadispar Batam Harus yang Spektakuler

0
185
WISATA ANDALAN: Jembatan 1 Barelang, salah satu lokasi andalan wisata di Batam. F-martunas/tanjungpinang pos

BATAM – Langkah Wali Kota Batam, HM Rudi menjadikan parawisata sebagai sektor unggulan, dinilai sudah tepat. Namun, jangan hanya pembenahan fisik dalam mendukung sektor parawisata. Harus ada pembangunan Sumber daya manusia (SDM), sehingga capaiannya bisa maksimal. Termaksud mengevaluasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Batam saat ini karena, pejabat Parawisata harus uyang kreatif dan andal hingga bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.

Imbauan itu disampaikan anggota Komisi II DPRD Batam, Uba Ingan Sigalingging, Senin (25/9) di gedung dewan. ”Menjadikan parawisata sektor unggulan itu sudah menjadi keharusan. Semua negara di dunia sekarang juga menjadikan parawisata sebagai sektor unggulan. Wali Kota memang punya arah kesana. Tapi, tidak mudah karena butuh orang andal. Ini harus (Kadis) luar biasa,” tegas Uba.

Karena itu, dinilai penting untuk membenahi SDM di dinas parawisata. Termaksud mengevaluasi Kepala Dinas Parawisata, Pebrialin. Dengan keunggulan Batam sebagai daerah kepulauan dan dengan dekat dengan Singapura, wajar Batam dijadikan unggulan dalam menggaet wisman ke Indonesia. Dibutuhkan seorang Kadis yang spektakuler dalam bidang parawisata.

”Kepala dinas harus kreatif. Punya kemampuan beradaptasi dalam mengikuti tren pariwisata. Pengalaman tahun 98 (krisis), pariwisata dan UKM kita yang kuat,” katanya.

Dengan potensi parawisata dan letak Batam yang strategis, maka seorang Kadis Parawisata tidak cukup hanya menjalankan program rutin. ”Dibutuhkan terobosan program promosi, kegiatan atau agenda parawisata, sesuai kebutuhan masyarakat luar. Sehingga tertarik mau datang,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga tidak memberikan alokasi dana yang memadai untuk mendukung parawisata Batam. Untuk dana alokasi khusus parawisata, hanya Rp1,5 miliar. ”Ada banyak yang bisa kita lakukan, tapi belum dilakukan Dinas Parawisata,” beber Uba.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here