Kadisparbud akan Siapkan Guide

0
613
SALAH satu keluarga asal Vietnam yang tiba di Jemaja untuk ziarah ke makam ayahnya belum lama ini.F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) DR Masykur ST MM mengatakan, akan menyiapkan tour guide (pemandu wisata) untuk mendampingi turis mancanegara maupun domestik yang datang ke Anambas.

Langkah yang dilakukan itu untuk memberikan kemudahan bagi pelancong menikmati keindahan Kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu.

”Kita akan memberikan pelatihan kepada anak lokal, untuk dipersiapkan menjadi Tour Guide yang profesional, untuk menunjang pariwisata,” kata Masykur, Jumat (10/8).

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga akan melegalkan Tour Guide yang ada saat ini dengan memberikan izin usaha dan sertifikasi.

Baca Juga :  9 Program Jadi Prioritas Pembangunan

Mengingat, saat ini perannya sangat dirasakan dalam membantu perkembangan pariwisata.

”Kita apresiasikan Tour Guide yang ada saat ini, karena mampu berperan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung yang datang,” jelasnya.

Sejatinya, lanjut Masykur, saat ini terjadi peningkatan pengunjung ke Anambas dan pihaknya sedang melakukan pendataan melalui jumlah tamu perkamar untuk tamu lokal dan meminta data dari Imigrasi untuk turis asing.

”Untuk data itu kita meminta kepada imigrasi setiap bulannya, agar direkap per tahun. Sehingga, dapat diketahui grafik peningkatan pengunjungnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Usul Bangun Pelabuhan Baru

Masih kata Masykur, telah menyiapkan sejumlah starategi dan formula memikat para wisatawan walaupun Anambas merupakan surganya keindahan.

”Salah satunya adalah dibuatkan event-event yang mampu menarik wisatawan. Pada puncaknya diselenggarakannya event tahunan, seperti Festival Padang Melang (FPM) yang telah menjadi event tahunan Provinsi Kepri khususnya di Anambas,” ungkapnya.

Masykur sangat berharap, dengan sejumlah strategi yang telah dilakukan mampu menjadikan Anambas tujuan wisata dunia. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here