Kalau Tak Sehat, Bisa Miskin Lho…

0
625
LEPAS BALON: Wakil Ketua PKK Bintan Herdawati Dalmasri Syam melepas balon saat sosialisasi Germas di Toapaya, Kamis (23/3) pagi kemarin. F-Yenditanjungpinang pos

Dinkes Canangkan Germas di Toapaya

TOAPAYA – Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan bersama Forum Komunikasi Kabupaten Sehat, telah mencanangkan sekaligus sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) Kabupaten Bintan, di gedung serbaguna Kecamatan Toapaya, Kamis (23/3) kemarin. Pencanangan Germas ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017.

Pencanangan Germas Kabupaten Bintan yang dilakukan Wakil Ketua PKK Bintan Herdawati Dalmasri Syam tersebut, dihadiri Sekretaris Dinkes Bintan dr Untung, pembina Forum Komunikasi Kabupaten Sehat (FKKS) Bintan dr Horas, sejumlah camat se-Kabupaten Bintan, seratusan kader desa siaga, serta staf pegawai Dinkes Bintan.

Mewakili Kepala Dinkes Bintan dr Gamma Isnaeni, Sekretaris Dinkes dr Untung mengatakan, saat ini Indonesia pada masa transisi efidemiologi (penyebaran) sejumlah penyakit tidak menular, seperti darah tinggi, jantung dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Hal ini terjadi karena banyak warga yang belum terbiasa dengan pola hidup sehat. Justru itu, Presiden telah menginstruksikan melalui Inpres nomor 1/2017, agar menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat.

”Sebelumnya, Pemkab sudah menggalakan program ini. Tapi, saat ini kembali kita canangkan, melalui program Germas ini,” kata dr Untung.

Usai pencananganan Germas yang ditandai pelepasan balon, Wakil Ketua PKK Bintan Herdawati Dalmasri Syam menambahkan, melalui Germas ini, masyarakat Bintan diharapkan membiasakan pola hidup sehat.

Antara lain beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah serta mengecek kesehatan secara rutin.

”Hidup sehat itu sangat penting. Kalau kita sakit atau tak sehat, akan sulit beraktivitas. Bahkan bisa miskin lho… Karena harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Mari kita jalankan program Germas ini,” imbau Herdawati Dalmasri Syam, yang turut dibenarkan oleh dr Horas.

Dalam pencanangan Germas ini, Dinkes Bintan menggelar senam sehat jantung bersama dan pengobatan gratis. (aan/fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here