Kami Sempat Dilarang Daftar Sekolah

0
477

Yth, bpk Ka. Disdik tpi… Ada apa dengan SMPN16 dan SMPN 7.. Kenapa kami ditolak mendaftar siswa baru ke SMP 16 pada tgl 7 juli, dikrnkan kami pernah mendaftar diSMP 7 sblmnya, padahal menurut pemerintah mendaftaran tutup tgl 8 juli .. Alasan kuota penuh… Kami tidak diberi kesempatan utk bersaing sama siswa baru.. kalau ada masalah antara smp 7 dan 16.. Kmi masyarakat jgn jdi korban .. Mohon di perhatiannya ..
+6281536688508

TANGGAPAN:
Tahun ajaran baru sudah berlangsung. Saat pendaftaran ada dua jalur yaitu umum dan prestasi beserta bina lingkungan yang merupakan kalangan keluarga tak mampu. Untuk jalur umum, dimulai, Senin (3/7) sampai dengan Sabtu (8/7). Sedangkan untuk jalur prestasi dan bina lingkungan hanya tiga hari, dimulai, Senin-Rabu (3-5/7). Pihak suah memahami perbedaan dua jalur tersebut. Khususnya untuk jalur prestasi, siswa berprestasi dibebas memilih sekolah. Ini artinya, tidak lagi melihat zonasi atau rayon tempat tinggal. Berbeda dengan jalur umum dan bina lingkungan, harus melihat rayon atau zonasi calon siswa

Ada memang pengaduan terkait sekolah yang menolak berkas pendaftaran siswa berprestasi karena alasan tidak sesuai rayon atau domisili. Saya sudah tegaskan, sekolah jangan ada yang menolak siswa berprestasi. Ini sebagai bentuk perhatian Pemko atas prestasi yang dimiliki. Bahkan sekolah terkait meminta calon siswa berpretasi melengkapi surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan. Padahal, ini tidak diperlukan. Saya sudah sampaikan ke sekolah-sekolah agar siswa berprestasi jangan ditolak dengan alasan-alasan yang dibuat sendiri. Terkait kuota siswa dalam satu kelas, tahun ini akan mengikuti Permendikbud nomor 17 tahun 2017 terkait PDB. Yaitu untuk siswa SD maksimal berjumlah 28 orang dan SMP 32 siswa. (dlp)

HZ Dadang AG
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here