Kampung Bugis Punya Objek Wisata Baru

0
299
Tiga anak bocak saat berada di Pelantar Kampung Bugis, Minggu (6/1).

TANJUNGPINANG – Kini Kota Tanjungpinang memiliki kampung wisata baru, tepatnya di Kampung Bugis. Sebuah perkampungan yang disulap menjadi lebih indah, cantik dan tertata dengan baik.

Selain menata kawasan tersebut, rumah warga pun di cat berwarna-warni dan tidak kalah dengan kampung pelangi Malang, Jawa Barat yang cukup terkenal.

Kini, Kampung Bugis menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang. Termasuk warga Pulau Bintan. Malam hari, lokasi ini dijadikan warga sebagai tempat duduk-duduk dan melihat keindahan air laut.

Destinasi wisata baru ini dibangun seiring dengan program penataan kawasan kumuh bertujuan agar kualitas hidup masyarakat yang tinggal di kawasan permukiman tersebut lebih baik. Dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pertanahan Nasional, Pemko Tanjungpinang, Pemprov Kepri, Dengan total anggaran sekitar Rp60 miliar.

Tahun ini, kawasan Senggarang dan Tanjungunggat, juga akan disulap menjadi kampung pelangi kurang lebih seperti Kampung Bugis.

Kampung Bugis dibangun pelantar yang memadai, sarana dan prasarana air bersih, bedah rumah, pelantar lingkar yang dapat memudahkan akses masyarakat.

Masyarakat mengunjungi ke lokasi tersebut, hanya ingin selfie bersama keluarga maupun kerabat.

Seperti yang dilakukan Rosa salah satu pengunjung Kampung Pelangi, Kampung Bugis.

Rosa bersama sahabatnya baru pertama kali mengunjungi Kampung Pelangi, Kampung Bugis. Wanita yang mengaku berasal dari Kabupaten Bintan, mengetahui Kampung Pelangi dari media sosial (medsos) milik sahabatnya.

”Saya lihat foto di Hp bagus. Jadi, saya penasaran. Makanya saya ajak kawan datang ke sini (Kampung Pelangi, red),” ucap Rosa sambil menikmati suasana di pelantar Kampung Bugis kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (6/1).

Selain warna warni cat, kata Rosa, suasana serta pemandangan dari Pelabuhan Kampung Pelangi sangat indah. Sebab, bisa langsung melihat kendaraan laut, seperti sampan dan pompong.

”Apa lagi kalau kita lihat rumah warga. Bagus. Berbagai macam warna warni cat,” sebut dia sambil menunjukkan raut wajah ceria.

Menikmati suasana di Pelabuhan Kampung Bugis, juga dirasakan oleh Dodi salah satu warga Tanjungpinang yang tengah duduk bersama keluarganya.

”Enaknya sore-sore kita ke sini (Kampung Pelangi Kampung Bugis, red). Biar tidak kepanasan. Kalau sekarang inikan, panas,” ucap dia.

Dodi memberikan apresiasi kepada pemerintah, yang sudah membangun tempat destinasi wisata baru, seperti Kampung Pelangi di Kampung Bugis. Destinasi wisata ini, menurutnya, salah satu yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan warga sekitarnya yang tinggal di Kampung Bugis.

Menurutnya, dengan catatan, masyarakat bisa melihat peluang untuk menghasilkan uang. Seperti berjualan, jasa foto dan masih banyak lagi.

”Saya rasa ini dibutuhkan para pengunjung yang datang ke sini. Betul tak,” sebut dia sambil perlahan-lahan meninggalkan Pelabuhan Kampung Bugis tersebut.

Dalam kesempatan ini, Tono salah satu warga Kampung Bugis, mengatakan, yang mengunjungi Kampung Pelangi tidak hanya masyarakat setempat saja, yaitu Tanjungpinang. Tetapi, ada juga masyarakat dari daerah Tanjunguban, Kijang, Trikora, Lobam dan Batam.

”Yang paling jauh itu dari daerah Ranai sana,” ucap Tono.

Orang paling sering mengunjungi Kampung Pelangi pada hari libur, yaitu Sabtu dan Minggu. Tapi, mulai ramai pengunjungnya sekitar pukul 14.00WIB sampai malam hari.

Kebanyakan, kata dia, pengunjung mengabdikan foto dengan cara selfie dan sebagainya. ”Saya rasa tidak mau ketinggalan momen,” terang dia sambil tersenyum.

Ia merasa senang dengan adanya Kampung Pelangi yang dibangun oleh pemerintah. Pasalnya, tempat tinggalnya menjadi ramai. Karena sering dikunjungi orang dari berbagai daerah. ”Dulu, Kampung Bugis sepi. Alhamdulillah, baru hampir sebulan ini mulai ramai. Karena ada Kampung Pelangi,” Sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here