Kampung Cina Terbakar Akibat Korsleting

0
490
PADAMKAN API: Warga Kampung Cina Daik Lingga ketika berupaya memadamkan sisa api kebakaran yang melanda Kampung Cina. F-ISTIMEWA

LINGGA – Setelah melalui proses penyidikan di lapangan oleh Tim Labfor Polri Dari Medan, korsleting menjadi penyebab kebakaran di Kampung Cina, Daik Lingga.

Akibat dari kebakaran itu, menyebabkan 51 bangunan rata dengan tanah dan kerugian mencapai puluhan miliar.

Dari hasil penyelidikan di lokasi kebakaran, maka pihak Polres Lingga menyimpulkan bahwa korsleting jadi penyebab bencana kebakaran itu.

Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Suharnoko menyebutkan, Tim Labfor tidak menemukan bukti adanya unsur kesengajaan yang sempat melumpuhkan perekonomian warga Daik, Kabupaten Lingga.

”Hasil dari tim Labfor, tidak ada indikasi kesengajaan manusia,” ujar AKP Suharnoko, Kasat Reskrim Polres Lingga, Senin (18/12).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil olah TKP dari Tim Labfor bahwa keterangan saksi-saksi dapat disimpulkan penyebab kebakaran tak ubah seperti dugaan awal yakni akibat adanya konsleting listrik.

”Sama seperti dugaan awal, yang disampaikan beberapa saksi yang kita mintai keterangan. Setelah itu, pernyataan saksi-saksi tersebut juga dibuktikan oleh Tim Labfor. Jadi tidak ada unsur kesengajaan, dan memang faktor korsleting listrik,” kata Suharnoko.

Informasi yang diperoleh saat ini, Pemkab Lingga masih menunggu kesepakatan warga untuk melakukan penataan kembali pasar yang menjadi pusat perekonomian warga ini.

Dalam waktu dekat, pemilik bangunan bersama instansi terkaut akan melakukan gotong-royong membersihkan puing-puing bangunan. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here