Kampung KB Kendalikan Penduduk

0
47
WAKIL Bupati Natuna Hj Ngesti Yuni Suprapti saat meresmian Kampung KB ditandai dengan pemukulan Gong. f-istimewa

NATUNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui program Kependudukan Keluarga berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), gencar berinovasi dengan menggalakkan pencanangan Kampung KB di setiap desa.

Beberapa langkah konkrit dan jitu, terus ditempuh agar pertumbuhan jumlah penduduk bisa dimaksimalkan sebelum terlambat.

Kampung KB telah menjadi program pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Maka di setiap kabupaten/kota, wajib menerapkan inovasi strategis agar bisa dirasakan dampaknya.

Oleh karenanya, program ini harus dikelola serta diselenggarakan secara terpadu dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat dusun/desa untuk mewujudkan keluarga berkualitas.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti membuka secara resmi, terkait Pencanangan Kampung KB di Desa Belakang Gunung, Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna Tahun 2018, senin (1/10) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan, oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna.

Program ini adalah memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, infrastruktur dan lain sebagainya.

Dengan perpaduan tersebut, Wabup Ngesti berharap agar seluruh masyarakat bisa mengikuti program Kampung KB dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, pentingnya sinergisitas lintas OPD dalam mensukseskan program ini.

Keinginan bersama, program ini bisa menjadi target unggulan supaya masyarakat berkualitas dan terintegrasi serta peningkatan kesejahteraan.

”Semua instansi terkait mulai dari OPD, Camat, Desa dan lainnya harus bersama-sama berperan aktif dalam meningkatkan mutu masyarakat dengan mewujudkan keluarga berkualitas,” Kata Wabup Ngesti, ketika membuka secara resmi Kampung KB di Desa Belakang Gunung, Kecamatan Bunguran Utara.

Pada peresmian Kampung KB tersebut juga dihadiri langsung Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, Camat Bunguran Utara, Izhar, Unsur Muspida, Kepala Desa Se-Kecamatan Bunguran Utara, tokoh masyarakat, serta perwakilan keluarga KB.

Diminta kepada seluruh masyarakat, harus senantiasa meningkatkan kesadaran supaya bisa terus aktif di segala kegiatan.

Selain itu, masyatakat juga diminta untuk menggunakan alat kontrasepsi dalam setiap interaksi. Hal ini guna menjaga keutuhan keluarga cukup dua anak.

Tambahnya, masyarakat juga harus aktif di setiap kelompok kegiatan seperti, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

”Melalui konsep program ini, upaya pengendalian penduduk, peningkatan kualitas pelayanan yang akan berdampak pula pada peningkatan mutu SDM di tingkat desa/dusun,” Papar Kepala Dinas KPPKB yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hikmat Aliansyah.

Sesuai keinginan bersama program Kampung KB ini berupaya peningkatan kesejahteraan, pelayanan prima maupun peningkatan sumber daya manusia yang mandiri. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here