Kampung Siaga Bencana Bintan Diluncurkan

0
43
BUNDA Tagana Bintan Hj Deby Maryanti, Bunda Tagana Kepri Hj Noorlizah Nurdin, Bupati Bintan H Apri Sujadi melepas balon, di sela launching desa siaga bencana, di Tanjunguban, Selasa (9/4). F-ISTIMEWA
Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Kementerian Sosial RI dan Tagana Kepri, meluncurkan (launching) Kampung Siaga Bencana (KSB), di Bintan Utara, Selasa (9/4) kemarin. Launching KSB ini dilakukan oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi, bersama Bunda Tagana Kepri Hj Noorliza Nurdin dan Bunda Tagana Bintan, Hj Deby Maryanti.

BINTAN – LAUNCHING sekaligus pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjunguban Selatan. Kegiatan peluncuran KSB di lapangan Kampung Mentigi ini dihadiri Sekda Bintan H Adi Prihantara, Asisten I Mohd Setioso, Danfasharkan, Wakapolres Bintan, Basarnas Tanjungpinang, serta jajaran dari Kementerian Sosial RI.

Pembentukan dan launching Kampung Siaga Bencana ditandai dengan penandatanganan nota kerja (MoU), pelantikan pengurus KSB wilayah Tanjunguban Selatan, serta pelepasan balon.

Usai peluncuran KSB, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan dari masyarakat bersama pemerintah, ketika menghadapi bencana. Keberadaan KSB juga hendaknya mampu mendongkrak kesadaran warga, dalam menyikapi bencana. Sehingga dapat meminimalisasi dampak terburuk dari satu bencana yang terjadi.

”Kalau Tanjunguban Selatan ini ditetapkan sebagai KSB, karena ini sebagai lokasi prioritas (lokpri) di wilayah perbatasan. Khususnya di Kecamatan Bintan Utara,” jelas H Apri Sujadi.

Selain di Tanjunguban Selatan, H Apri Sujadi menyampaikan, beberapa desa di setiap kecamatan lainnya, juga bakal ditetapkan sebagai KSB. Seperti di Kecamatan Gunung Kijang, Desa Malang Rapat juga ditetapkan sebagai kampung siaga bencana.

”Jadi, pengurus KSB ini, akan ditugaskan bagaimana menanggulangi bencana dengan cepat. Mulai dari evakuasi korban, memasang tenda darurat, hingga mengoperasikan dapur umum,” terang H Apri Sujadi.

Dalam peluncuran KSB ini, petugas dari tim Tagana menampilkan simulasi penanganan bencana alam, yang melibatkan 250 orang lebih.

”Bintan ini sebagai daerah yang rawan terjadi bencana alam. Sudah tepat, kita bentuk Kampung Siaga Bencana. Ke depannya, para pengurus KSB yang mayoritas dari tim Tagana ini, bisa menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana,” kata Hj Deby Maryanti, Bunda Tagana Bintan. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here