Kampung Toga Kunyit Asam Juara Nasional

0
435
TIM Penilai Kampung Toga dari pusat ketika berada di Karimun. F-ALRION/tanjungpinang pos

Untuk kesekian kalinya kampung Tanaman Obat Keluarga (toga) asal Kabupaten Karimun berhasil mendapat prestasi di tingkat Nasional. Belum lama ini, Kampung Toga Asam Kunyit atau Asuhan Mandiri meraih predikat juara Nasional lomba Toga se-Indonesia.

KARIMUN – ”Alhamdulilah, nama Kabupaten Karimun harum lagi di Kementerian Kesehatan RI bidang pengembangan toga pada lomba tingkat nasional tahun 2018. Ini prestasi yang membanggakan, dan menjadi hadiah bagi ulang tahun Kabupaten Karimun,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, kemarin.

Kampung Toga Asam Kunyit, terletak di Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing berhasil meraih juara satu lomba pemanfaatan Toga tingkat Nasional tahun 2018.

Sebelumnya, Kampung Toga Kunyit Asam juara 1 tingkat provinsi kepri. Pada tahun 2017, Kampung Toga asal Selat Mendaun, Kecamatan Karimun meriah juara 3 tingkat nasional.

Bebeberapa keunggulan dari Kampung Toga Kunyit Asam, hasil produknya dikonsumsi masyarakat termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian, pemasarannya selain di rumah kreatif BUMN juga secara online.

Rafiq meminta, seluruh masyarakat dapat memanfaatkan lingkungan sebagai tanaman obat keluarga. Atau, dikelola dengan berkelompok jika tidak mampu dikelola dengan sendiri. Minimal, untuk keperluan bagi lingkungan sekitar

Ke depan, pembinaan pembentukan Kampung Toga di tingkat Kelurahan atau Kecamatan menjadi tugas baru dari Dinas Pendidikan.

Kalau bisa, lanjut Rafiq, untuk sehat dengan Toga kenapa harus dengan obat-obatan lainnya yang tentu tidak baik bagi kesehatan jika dikosumsi dengan waktu panjang.

”Hidup sehat tidak harus mengkosumsi obat-obatan dari toko. Sehat dapat dari pemanfaatan Toga, dan menambah ekonomi keluarga atau kelompok jika dikelola dengan baik,” pesan Aunur Rafiq.

Ia menambahkan, pengelolaan toga dengan baik dapat menjadi sumber ekonomi baru ditengah masyarakat.

Menurutnya, Toga dapat diramu menjadi minuman kesehatan berupa jamu yang sangat bermanfaat dikala tubuh membutuhkan atau saat lelah.

Tim penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional, melalui pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Toga) dan akupresur tingkat Nasional Tahun 2018 dari Kementerian Kesehatan Kamis (13/9) lalu mendatangi Kampung Toga di Kelurahan Harjosari, Tebing, Karimun.

Tim penilai yang diketuai Siti Munawaroh, disambut Bupati Karimun Aunur Rafiq di Kampung Toga asuhan mandiri Kunyit Asam bersama dengan pengelola Kampung Toga.

Siti Munawaroh mengapresiasi masyarakat sekitar, atau kelompok pengelola Toga yang masih peduli dengan tanaman atau pengobatan tradisional di zaman kemajuan saat ini.

Ia berharap, toga kelurahan harjosari menjadi motor penggerak pertumbuhan toga di Karimun. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here