Kampung Wisata Masuk Renja Parawisata 2019

0
352
Pebrialin

BATAM – Dinas Parawisata Batam, mencanangkan kampung tua sebagai kampung wisata. Direncanakan, kampung wisata itu akan dimasukkan dalam rencana kerja (Renja Parawisata) tahun 2019. Saat ini, salah satu yang berpotensi masuk dalam Renja Parawisata itu, Kampung Terih. Tempat wisata di kampung itu mendapat apresiasi dari Kadis Parawisata Batam, Pebrialin.

Menurut Pebrialin, Jumat (2/3), tempat Kampung Terih ini dibangun komunitas termasuk warga sekitar di sana. Kampung Terih ini diakui, salah satu potensi dalam rangka penambahan destinasi wisata. Jika tidak ada kendala, mereka akan memasukkan kampung-kampung tua sebagai kampung wisata juga.

”Kita sambut baik kampung terih yang jadi tempat wisata. Kita juga ingin jadikan kampung tua di Renja sebagai kampung wisata. Ini bisa dijadikan alternatif orang yang mau berwisata ke Batam,” kata Pebrialin.

Terkait Kampung Terih, diakuinya ada rencana membangun homestay atau tempat penginapan di sana. Namun dalam hal ini, pihaknya akan coba menjembatani hal itu dengan kementerian terkait. ”Kita akan coba jembatani supaya bisa dibangun homestay di situ,” jelasnya.

Di samping itu, juga perlu dilakukan peningkatan sarana pendukung di sana. Seperti toiket dan fasilitas lain. ”Pedagang-pedagang di sana bisa ditata dengan baik. Kami akan coba komunikasikan dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait,” kata Pebrialin.

Renja 2019 diakui, akan dikaji dulu untuk melihat potensi kamping tua yang akan masuk dalam kampung wisata. Mereka ingin kampung tua yang memiliki akses ke pantai. ”Kita akan lakukan kajian dan jadikan sebagai destinasi baru. Kampung Tering bisa tambahan untuk destinasi wisata alternatif,” imbuhnya.

Sementara terkait dengan bekas galian pasir di Nongsa yang berpeluang menjadi destinasi parawisata, diakui masih akan diverifikasi data. Diharapkan bisa dikembangkan jadi destinasi parawisata, terlebih dekat dengan kampung tua.

”Saat ini sedang dilakukan kajian potensinya. Dari puluhan titik kampung tua di Batam, mana yang berpotensi jadi kampung wisata,” imbuh Pebrialin. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here