Kampus Butuh Buku, Silakan MoU

0
610
SEKDAPROV Kepri TS Arif Fadillah (kanan) menerima cenderamata dari Amir Husin saat wisuda mahasiswa STAI-MU Tanjungpinang di Hotel Comforta Tanjungpinang Batu 10, Sabtu (20/10).F-istimewa/humas pemprov kepri

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siap Bantu Perguruan Tinggi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri siap membantu perguruan tinggi yang ingin mendapatkan buku baru. Syaratnya, silakan kerja sama dengan pihak dinas tersebut.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri, Drs H Amir Husin MM mengatakan, apabila ada kampus yang ingin mendapatkan buku-buku baru, maka silahkan datang untuk melakukan kerja sama dan akan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Amir Husin mengatakan, dengan MoU tersebut, kerja sama akan berlanjut. Apabila pihak kampus butuh buku-buku dengan judul terbaru, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan melakukan pengadaan buku-buku tersebut.

”MoU ini sangat kita sarankan. Kita imbau agar perguruan tinggi yang ada di Kepri, silahkan datang kerja sama dengan kita. Kita tahu, persediaan buku-buku di Kepri belum banyak dan kita bisa menyiapkannya,” ujar Amir Husin via ponselnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (23/10).

Baca Juga :  Pelajar dan Mahasiswa Perebutkan Beasiswa ATB

Kerja sama atau MoU ini sangat dibutuhkan pemerintah. Melalui kerja sama ini, Dinas Perpustakaan bisa melakukaan pengadaan buku-buku sesuai kebutuhan kampus atau mahasiswa maupun dosen.

Buku yang dipesan pihak kampus, pasti akan dibaca dan dibutuhkan. Karena itu, untuk pengadaan buku-buku lebih tepat jika judul buku yang dibutuhkan yang diajukan.

Saat ditanya, seandainya salah satu kampus MoU dan meminta buku-buku sesuai judul pesanan mereka, apakah bisa menjadi milik kampus atau tidak? Amir Husin mengatakan, buku itu tetap milik Pemprov Kepri.

”Tapi, buku yang diperlukan itu sudah ada. Bisa dipinjam, namun bisa juga datang ke Perpustakaan kita untuk membacanya. Bukunya dulu kita datangkan, soal pinjam pakai, mereka bisa datang,” tambahnya.

Ia mengakui, saat ini kebutuhan buku-buku perguruan tinggi di Kepri masih banyak. Sehingga tak heran jika mahasiswa semester akhir yang menyusun skripsi kesulitan mendapatkan buku-buku pedoman. Buku-buku ini sangat dibutuhkan saat meja hijau atau ujian skripsi sebagai bukti bagi dosen penguji bahwa yang tertuang di skripsi mahasiswanya benar adanya dan ada bukti fisik bukunya. Bukan opini.

Baca Juga :  IMKL Bantu Promosikan Kampus di Lingga

Saat ini, sudah ada beberapa perguruan tinggi yang kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri seperti Stikes Tanjungpinang, STAI MU Tanjungpinang termasuk Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang.

”Tapi, kampus UMRAH itu sudah lama sekali MoU dengan kita. Sebelum kampus itu jadi negeri. Sampai sekarang, MoU tersebut belum ada perubahan,” ungkapnya lagi.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI MU) Tanjungpinang ini menambahkan, salah satu berfungsi perpustakaan adalah untuk mendukung Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana diatur dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Baca Juga :  Mahasiswa Karimun di Padang Harus Sukses Kuliahnya

Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan kebudayaan. Selain itu, perpustakaan sebagai bagian dari masyarakat dunia ikut serta dalam membangun masyarakat informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagaimana dituangkan dalam Deklarasi World Summit of Information Society-WSIS, 12 Desember 2003.

Adapun visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri adalah ‘Terwujudnya Masyarakat Kepri yang Berbudaya Melayu, Gemar Membaca dan Sadar Arsip’.

Misi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kepri adalah ‘Pembinaan Perpustakaan dan Arsip, meningkatkan budaya gemar membaca serta pelayanan melalui sistem informasi, komunikasi dan berkesetaraan gender.

Meningkatkan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan dan arsip yang profesional.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here