Kampus Luar Negeri Ikuti ICLGSS

0
657
SEMINAR: Mahasiswa Stisipol Raja Haji saat mengikuti kegiatan seminar Microsoft belum lama ini. F-ISEP ILHAM/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – SEJUMLAH kampus ternama di Indonesia dan luar negeri akan meramaikan International Conference on Local Government and Social Science (ICLGSS) di Tanjungpinang.

Acara tersebut diselenggarakan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang pada April mendatang.

ICLGSS akan membedah berbagai persoalan dan masalah sosial pemerintahan lokal di Tanjungpinang.

Endri Sanopaka MPM, Ketua Stisipol Raja Haji mengatakan acara itu akan diramaikan mahasiswa SI hingga S3 serta dosen.

”Peserta akan mempresentasikan hasil penelitian ilmiah (paper), tentang masalah sosial dan pemerintahan di negera mereka,” katanya.

Endri menambahkan selaku penyelenggara, pihaknya telah menerima kiriman paper abstrak sebanyak 40 paper dari kampus luar negeri.

Di antaranya, kampus asal Thailand, Malaysia serta Singapura yang telah mengirimkan paper tersebut.

”Untuk dari kampus di Indonesia, Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Parahyangan, Universitas Muhammadiyah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kampus-kampus lainnya yang ada di Pulau Sumatera dan Jawa hampir merata untuk mengikuti ICLGSS.

Pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Indonesia, serta Asosiasi Program Studi dalam bidang ilmu sosial untuk mengajak partisipasi dosen-dosen di Indonesia.

Menurut Endri, sebagai sarana fasilitas atas kebijakan pemerintah yang mewajibkan dosen di Indonesia untuk meneliti, menulis, dan mempublikasikan hasil penelitiannya melalui kegiatan konferensi Internasional.

ICLGSS nantinya, fullpaper dari para peserta akan di seleksi oleh reviewer yang telah ditunjuk.

Diantaranya Prof Dato Mohammad Agus Yusoff dari UKM Malaysia, Prof Dr Burhan Bungin dari Indonesia, dan Dr Nicholas Long dari London School of Economic Inggris.

”Hasil reviewer tersebut diteruskan ke jurnal-jurnal yang telah menyatakan diri bersedia, untuk mempublikasikan paper pada presenter ICLGSS,” ungkapnya.

ICLGSS yang diselenggarakan, merupakan kerjasama Stisipol Raja Haji dan Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu.(Adly Bara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here