Kampus Swasta Juga Beri Beasiswa

0
1716
PIHAK Stisipol Raja Haji saat menggelar monitoring dan evaluasi penerima beasiswa bidik misi tahun 2017 bersama Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri MBA (keempat dari kanan). F-istimewa/humas stisipol

TANJUNGPINANG – Tidak hanya kampus berstatus negeri, namun kampus swasta juga diberi kepercayaan oleh pihak Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk melaksanakan program beasiswa pemerintah.

Namun, masih saja pihak sekolah tingkat SMA sederajat menganggap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak memiliki fasilitas beasiswa bagi yang kurang mampu secara ekonomi.

Selain itu, hanya menganggap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang hanya memiliki bantuan seperti beasiswa.

Seperti yang dilaksanakan pihak kampus swasta seperti Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, yang telah menyalurkan beasiswa bidik misi sejak 2013 lalu.

Beasiswa bidik misi tersebut, merupakan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka S Sos MPM menegaskan, bahwa Stisipol Raja Haji selalu menyalurkan bantuan beasiswa bidik misi dari Kemenristek Dikti setiap tahunnya.

”Anggapan itu tidak ada salahnya. Namun, hal ini kemungkinan belum tersosialisasi dengan baik. Sehingga, beranggapan beasiswa hanya ada di PTN,” ujar Endri, Senin (12/3).

Untuk itu, Endri meluruskan yang selama ini anggapan tersebut tidak benar adanya. Sebab, pihak Kemenristek Dikti juga memberikan program bantuan beasiswa bidik misi di setiap PTS dengan persyaratannya.

Pensyaratan itu, lanjut Endri, minimal harus terakreditasi B untuk Progam Studi (Prodi)-nya. Untuk itu, Stisipol Raja Haji Tanjungpinang telah memenuhi persyaratan itu. Sehingga, Stisipol Raja Haji telah melaksanakan program beasiswa bidik misi sejak tahun 2013 lalu karena telah berakreditas B untuk seluruh Prodinya.

Pada tahun 2017 lalu, Stisipol Raja Haji juga telah melaksanakan program beasiswa bidik misi yang kelima kalinya. Salah satunya, yang menerima program beasiswa bidik misi itu adalah Dewi Khoiriyah yang kuliah di Stisipol Raja Haji Administrasi Publik semester II.

Tak hanya sekedar melaksanakannya, Endri menambahkan, sebelum menyalurkan beasiswa bidik misi pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap calon penerima beasiswa tersebut.

Seperti yang dilakukan tahun 2017 lalu, bersama Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri MBA yang turut serta melakukan verifikasi faktual atas kelayakan calon penerima beasiswa bidik misi.

”Mahasiswa penerima bidik misi tidak dipungut uang kuliah sampai tamat, dan setiap bulannya menerima biaya hidup yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali,” ungkap Endri. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here