Kanreg BKN Jadi Ketua Pansel

0
449
KEPALA OPD Pemprov Kepri saat apel pagi di Dompak, belum lama ini. f-mazpram/humas pemprov kepri

Open Bidding Pemprov Kepri Disegerakan

Rencana pergantian sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Kepri makin gencar. Persiapan lelang jabatan (open bidding) terus dimatangkan dan tidak bisa ditunda lagi. Kepala Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Riau pun diangkat jadi tim panitia seleksi (Pansel).

DOMPAK – APALAGI, sejumlah kepala dinas di Pemprov Kepri akan pensiun tahun ini. Open bidding ini juga informasinya untuk menggantikan sejumlah pejabat yang lambat bekerja.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri H TS Arif Fadillah, menyampaikan, dirinya sudah mendapat restu dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat, terkait rencana melakukan mutasi serta lelang jabatan (Open bidding) sebelum pejabat tersebut pensiun dari jabatan yang diemban saat ini.

”Jadi saran BKN, boleh saja, asalkan rentang waktunya tidak begitu lama,” jelas Arif kepada wartawan usai menggelar pertemuan tertutup dengan pejabat BKN di ruang kerjanya di Dompak, Rabu (17/1) kemarin.

Saat itu, sejumlah pejabat dari Sekretaris Utama (Sesma) BKN dan Deputi Mutasi BKN berkunjung ke kantor Gubernur Kepri dalam rangka wacana akan membangun Kantor Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) BKN di Kota Tanjungpinang.

Mantan Sekda Karimun tersebut tak hanya membahas terkait wacana tersebut, juga membahas masalah wacana Pemprov Kepri akan melakukan perombakan di tingkat eselon II sesuai perintah Gubernur Kepri saat ini.

”Kita sudah tunjuk kepala Kantor regional (Kanreg) BKN Pekanbaru, langsung menjadi ketua pansel dan tadi saat pertemuan beliau juga hadir dan menyatakan bersedia,” papar Arif.

Hanya saja, memang kapan pelaksanaanya, dirinya masih menunggu perintah Gubernur. Kalau misalnya besok, langsung dilaksanakan, dirinya siap menjalankan mengingat semua tim, maupun koordinasi dengan tingkat Mendagri sampai BKN sudah dilakukan, bahkan membangun tim pansel.

Menurut Arif, tahun 2018 ini tidak banyak jajaran kepala dinas di Pemprov Kepri yang sudah masuk pensiun. Yang sudah masuk daftar di mejanya, antara lain, Kadis Pendidikan, Kadis Kebudayaan, Kadis Koperasi, Usaha Kecil Menegah, Dispenda, Staf Ahli dan beberapa lainnya.

”Tahun 2019 ada lebih banyak, tapi saya tidak hapal,” tambahnya.

Anggota Komisi I bidang Pemerintahan DPRD Kepri Syukri Fahrial menyarankan, Gubernur, Sekdaprov dan jajarannya kalau tidak sangat dibutuhkan, bisa saja tidak menggelar open bidding mengingat tahun sebelumnya sudah ada hasil dan nama-nama yang sudah menjalankan proses tersebut.

Dirinya berpikir, tidak begitu memaksakan diri untuk melakukan perombakan kabinet jika saat ini gubernur belum menemukan mana sosok Kadis yang memiliki cacatan buruk. Dirinya menyarankan, boleh jabatan tersebut di pimpin seorang Pejabat pelaksana harian (Plh) asalkan kinerjanya juga dipantau. ”Intinya tidak boleh tergesa-gesa,” sarannya demikian.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here