Kantor Desa Se-Bintan Terkoneksi Internet

0
726
BUPATI Bintan H Apri Sujadi meresmikan gedung pemerintahan desa, di Kecamatan Tambelan, bersama Kadis PMD Ronny Kartika, baru-baru ini.f-dok/tanjungpinang pos

BINTAN – 36 pemerintahan desa se-Kabupaten Bintan sudah menikmati fasilitas internet. Bahkan seluruh kantor desa se-Kabupaten Bintan sudah terkoneksi, satu dengan yang lainnya.

Penyediaan dan peningkatan informasi dan telekomunikasi antarpemerintah desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ini, merupakan realisasi dari program Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati H Dalmasri Syam. Bahkan, kunjungan kerja Apri-Dalmasri ke Kecamatan Tambelan, penyediaan telekomunikasi ini menjadi perhatian utama.

”Fasilitas internet harus disediakan di seluruh kantor desa. Nah, tahun ini semua kantor desa sudah terkoneksi internet,” ujar H Apri Sujadi, saat berkunjung ke Tambelan, belum lama ini.

Bupati berharap, anggaran dana desa yang cukup besar diberikan kepada pemerintah desa, bisa lebih dimaksimalkan dikelola, dengan adanya koneksi internet. Baik pengelola BUMDes, pembangunan sampai dengan laporan keuangan secara transparan.

Baca Juga :  1.600-an Peserta Bersaing di Ironman 70.3 Bintan

Tahun anggaran 2018 ini, sebanyak 36 desa se-Kabupaten Bintan menerima bantuan Dana Desa (DD) dari APBN sebesar Rp 30,903 miliar. Sedangkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD 2018 Bintan sebesar Rp 53,075 miliar. Sehingga, total anggaran untuk 36 pemerintah desa se-Bintan sebesar Rp 83,978 miliar.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan, program penyediaan fasilitas informasi dan telekomunikasi media internet di kantor desa se-Bintan, sudah terealisasi.

”Semua kantor desa sudah terkoneksi internet. Termasuk di wilayah Kecamatan Tambelan, yang merupakan daerah terjauh dari ibu kota kabupaten,” kata Ronny Kartika di ruang kerjanya, kantor Bandar Seri Bentan, Kamis (24/5) kemarin.

Baca Juga :  Pengunjung Taman Kota Kijang Padat, Untung Pedagang Berlipat

Ronny menyampaikan, koneksi internet di kantor desa tersebut untuk mendukung pembangunan desa di era global dan digital, saat ini. Terutama dalam penyampaian informasi dan sosialisasi, serta pelaporan keuangan oleh setiap perangkat desa. Sebagian kantor desa menggunakan fasilitas satelit manggoes sky, sebagiannya lagi menggunakan provider.

”Koneksi internet di setiap kantor dari 36 desa ini merupakan keinginan Pak Bupati H Apri Sujadi dan Pak Wabup H Dalmasri Syam. Tujuannya membangun komunikasi yang lebih cepat,” jelas Ronny Kartika.

Dengan penyediaan fasilitas internet ini, Ronny meminta agar setiap desa menampilkan profil desa, melalui website. Sehingga, potensi-potensi desa bisa ditampilkan dan dipromosikan. Kemudian, program desa juga bisa dipaparkan pada profil desa, termasuk bentuk pelayanan publik lainnya.

Baca Juga :  Kapal Berbendera Kepulauan Marshall Kandas di Bintan

”Produk-produk unggulan desa bisa di-upload ke website,” sarannya.

Ia mencontohkan, potensi desa dan usaha masyarakat seperti bidang perikanan, pertanian, kerajinan, dan lainnya bisa dipromosikan di profil desa. Dari promosi itu, membuka peluang kepada pembeli dan investor kepada masyarakat desa.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here