Kapal Diminta Lengkapi Alat Keselamatan

0
274
PIHAK terkait saat evakuasi korban kapal tenggelam di perairan Pulun, Kecamatan Daik, Lingga belum lama ini. F-ISTIMEWA

LINGGA – Badan SAR Nasional (Basarnas) meminta penyedia transportasi laut seperti kapal feri penumpang atau barang, untuk melengkapi alat keselamatan saat berlayar. Saat ini, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat rentan akan kecelakaan laut. Hal ini dikatakan Koordinator Pos Siaga SAR Lingga Yones Hermanto, kemarin.

”Kelengkapan alat keselamatan dalam berlayar sudah menjadi kewajiban setiap penyedia transportasi laut, agar dapat mengantisipasi jika terjadinya kecelakaan. Kami berharap, agar penyedia transportasi laut dapat memperhatikan cuaca dari BMKG dan menyediakan alat keselamatan di kapal, dikarenakan posisi sekarang cuaca bisa berubah dengan cepat,” kata Yones.

Ia menjelaskan, para pengguna jasa transportasi laut agar tidak memaksakan diri untuk berlayar apabila BMKG menyatakan kondisi cuaca dalam keadaan berbahaya. Hal ini dilakukan, untuk keselamatan bersama agar tidak terjadi kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa. ”Perkiraan cuaca dari BMKG harus diperhatikan. Tidak hanya pengguna, penyedia tapi juga instansi yang berwenang di pelabuhan,” ucapnya.

Terkait evajuasi terhadap tenggelamnya KM Berkah Anugrah di Perairan Tanjung Dato, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Minggu (24/6) kemarin yang menyebabkan satu orang korban meninggal dunia masih proses pencarian dan pertolongan sudah selesai dilakukan

Untuk kapal yang tenggelam, tidak ada rencana diangkat ke permukaan karena di dalam kapal tidak ada korban. ”Kalau untuk kerugian, tidak bisa kita prediksi karena muatan cuma kelapa dan pisang beserta tas korban. Kalau untuk barang-barang korban, hanya beberapa saja yang bisa di selamatkan, karena korban sudah 4 jam terapung-apung di laut, dan mereka juga sudah pasrah yang penting bagi mereka selamat,” Imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here