Kapal Karam Angkut Barang Ilegal

0
569
Tekstil tangkapan: Kabid Penindakan dan Sarana Operasi, Kanwil DJBC Khusus Kepri, Raden Evy Suhartantyo memperlihatkan tekstil muatan KM Teguh I yang diamankan dari muatan kapal karam. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Tim kapal patroli BC-60001 melakukan penangkapan KM Teguh I diperairan Kepulauan Aruah, pada 15 Februari lalu sekitar pukul 19.40 WIB. Saat ditangkap, nakhoda kapal tidak dapat memperlihatkan dokumen muatan kapal.

”Saat diperiksa, didapati muatan kapal adalah balpres berisi pakaian bekas. Saat itu kondisi kapal bocor. Kru kapal terjun ke laut untuk menghindari petugas. Kapal beserta muatan tenggelam, kru yang terjun berhasil diselamatkan dan sebagian balpres diangkut untuk barang bukti,” kata Kabid Penindakan dan Sarana Operasi, Raden Evy Suhartantyo.

Pengakuan nakhoda kapal, Al dan 8 orang kru, bahwa di dalam kapal ada 1.150 balpres, asal Port Klang, Malaysia hendak dibawa ke Tanjungbalai Asahan, Sumut.

Mereka memilih terjun ke laut agar tidak diproses hukum dan membiarkan kapal bocor dan tenggelam beserta muatan.

Balpres berisi pakaian bekas adalah barang masuk dalam kategori larangan impor. Karena bisa merusak harga tekstil Industri dalam Negeri, jika pakaian bekas tersebut bebas beredar diwilayah Pabean Indonesia. Dan juga melanggar pasal 102 UU No 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here