Kapal Kargo Tenggelam di Anambas

0
259
Kapal Kargo KM Sampurna Indah III rute Tarempa-Tanjung Balai Karimum yang tenggelam di Laut Telaga Kecamatan Siantan Selatan f-istimewa

ANAMBAS – Kapal Kargo KM Sampurna Indah III, rute Tarempa-Tanjung Balai Karimum tenggelam di Laut Telaga Kecamatan Siantan Selatan, Anambas. Tepatnya, koordinat 03°01.00 N dan 105°58.00’E, Minggu (21/10) sekitar Pukul 05.35 WIB.

Diduga kapal yang bermuatan 25,6 Ton ikan segar ditambah 20 Ton es dan 400 kilo makanan tersebut menabrak karang. Akibatnya, lambung kapal pecah yang membuat air masuk dan kapal tenggelam.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 500 juta. Saat ini, kapal beserta Nakhoda dan ABK sudah dievakuasi ke Desa Telaga Kecamatan Siantan Selatan.

“Telah terjadi laka laut sekitar Pukul 05.35 WIB di laut Telaga,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (21/10).

Ia menuturkan, sebelum berangkat, telah selesai melakukan pengisian es dari Pabrik Es di Tanjung Kumbik, Sabtu (20/10) sekitar pukul 23.30 WIB. Kemudian, kapal berangkat dari Pelabuhan Tarempa menuju Tanjung Balai Karimun sekitar Pukul 04.30.

“Lebih kurang 2 Mil dari Pulau Telaga kapal tersebut menabrak karang dan menyebabkan air masuk dari lambung kanan yang membuat air masuk dan kapal mulai tenggelam,”jelasnya.

Atas kejadian itu, Nakhoda kapal KM Sampurna Indah III, Herman meminta seluruh ABK menggunakan Life jacket dan naik ke atas atap kapal.

Junoto menuturkan, Nakhoda juga sempat menembakkan suar tanda bahaya (SOS) sebanyak dua kali, sekitar pukul 05.35 wib. Setelah itu, Nakhoda beserta ABK kapal mendapat pertolongan dari warga desa Telaga.

Masih kata Junoto, jumlah ABK kapal tersebut sekitar 13 orang dan dua orang diantaranya tidak terdaftar dalam daftar kru.

Berikut nama-nama orang di kapal. Herman, (Nakhoda), Pendi (KKM), Muslim, Rian Hidayat, Suroso, Yusuf, Muhammad Adi, Pira, Ari adi, T. Amran dan Fredy. Dua kru yang tidak terdaftar Aseng, 45 tahun dan Ja’a 48 tahun.

Menurut Junoto, berdasarkan Surat Ijin Berlayar (SIB) dari Syahbandar Tarempa, kapal tersebut berangkat pada pukul 23.30 wib dengan tujuan Pelabuhan Tanjung balai karimun.
Kapal mengalami pecah dibagian lambung sebelah kanan dengan diameter 40 CM.(end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here