Kapal Nyaris Karam, 60 Orang Selamat

0
650
KORBAN: Beberapa warga korban kapal yang nyaris karam, saat dievakuasi ke Rumah Sekretaris Camat Durai. Kapal yang mereka tumpangi kandas di ujung Pulau Akad, Moro. F-alrion/TANJUNGPINANG POS

Karimun – SUPORTER dan pemain sepak bola asal Pulau Sugi, Moro, Karimun nyaris karam di sekitar perairan Pulau Moro pada Senin malam (6/3) lalu, sekitar pukul 19.00 WIB. Penyebabnya, kapal kayu yang ditumpangi menabrak karang di ujung Pulau Akad.

Akibat menabrak karang, haluan kapal pecah. Masyarakat bersama petugas langsung melakukan pertolongan dan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dengan selamat. Total penumpang keseluruhan 60 orang terdiri dari dewasa laki-laki 49 orang, dewasa wanita 6 orang, dan sisanya anak-anak.

Sebelumnya, suporter dan pemain baru pulang dari Kecamatan Durai usai bertanding sepak bola. Untuk sementara, mereka dievakuasii oleh petugas Pos TNI AL di Kecamatan Durai, saat ini kapal kandas di Ujung Pulau Akad, Moro. Setelah diperiksa diketahui kapal bernama KM Setia Kawan GT 02 dinakhodai Yanto (37) dan ABK Yusuf (38).

Anggota DPRD Karimun asal Moro-Durai, Syafri Sandi mengimbau masyarakat yang ingin menonton sepak bola di pulau, supaya tidak memaksakan diri ikut melihat pertandingan, apalagi di malam hari. Mengingat, cuaca di laut saat ini tidak bisa diprediksi dan bisa berubah-ubah.

”Sangat rawan terjadi kecelakaan laut, terutama musim angin barat dan angin utara,” ucapnya mengingatkan.

Ia mengaku kaget dan risau mendengar kabar telah terjadi laka laut, yang membawa suporter dan pemain sepak bola dari Pulau Sugi.

Ia mengaku lega setelah mengetahui semua penumpang kapal selamat dan berhasil dievakuasi ke rumah Sekretaris Camat Durai selaku panitia pertandingan sepak bola. Ini menjadi catatan kedepan, meskipun antar pulau tetapi lebih baik bermalam sambil menunggu hari esok untuk pulang kembali.

”Jika harus pulang malam, minimal harus ada 2 kapal yang membawa pemain dan suporter dengan jarak tempuh pelayaran maksimal selama 2 jam,” ujarnya mengakhiri.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here