Kapal Operasi Basarnas Berkurang KN Bhisma Diperbantukan ke Palu

0
158
Kabansarnas Tanjungpinang Mu'min Maulana.

TANJUNGPINANG – KN SAR Bhisma 239 yang biasa digunakan personil Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kelas A Tanjungpinang dilimpahkan kepada Basarnas Palu.

Kapal tersebut biasanya di stanby-kan atau disiagakan di Kijang, Bintan. Untuk diketahui, pelimpahan kapal itu dilakukan upaya menunjang operasi pencarian di perairan Sulawesi Tengah khususnya di Luwuk Banggai.

Kepala Basarsnas Tanjungpinang Mu’min Maulana mengakui, berkurangnya kapal tersebut tidak mempegaruhi pelayanan kepada masyarakat.

Hanya saja, berpotensi respon time atau waktu taggap akan berkurang dalam melaksanakan operasi atau pertolongan bila diperlukan nantinya. Mengingat letak geografis Kepri lebih luas lautan daripada daratanya.

“Meski demikian kami dari Basarnas akan berupaya memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kabansarnas Tanjungpinang yang membawahi beberapa wilayah di Kepri ini. Yaitu Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga dan Karimun terkecuali Anambas dan Natuna.

Dituturkannya, selama ini, kapal tersebut dipergunakan membantu kapal yang memiliki kendala maupun para nelayan yang mengalami musibah saat berada di laut.

Disinggung mengenai alat utama (Alut) kapal yang digunakan untuk operasi, ia menuturkan, kini menyiagakan dua kapal. Terdiri dari RB 209 yang bersiaga di Tanjungpinang kemudian

kapal KN SAR Purworejo 101 yang terletak di Dermaga Utama Basarnas, Sekupang Batam.

Selain itu, di dukung beberapa Rigit Inflatabble Boat (RIB) yang terletak di beberapa daerah. Diantaranya, berada di Tanjungpinang yang terletak di Dermaga Dompak, RIB 02 Tanjung Balai Karimun, RIB 03 Batam dan RIB 04 Lingga 12 meter. Serta setiap pos memiliki perahu karet dengan mesin tempel.

“Kami yakin pelimpahan kapal tersebut tidak mengurangi kinerja membantu masyarakat nantinya sebab masih memiliki beberapa alut lainnya. Meski demikian, kami sedang berupaya meminta bantuan tambahan kapal dari pusat mengingat medan operasi Basarnas Tanjungpinang cukup luas,” jelasnya.

Ditambahkannya, penyerahan kapal dilaksanakan, Jumat (26/5) kemarin di Galangan PT KAS Tanjung Uncang Batam. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here