Kapal Pelni Bisa Sandar di Pelantar II

0
281
Kapal Pelni KM Sabuk Nusantara 30 Tanjungpinang saat berlayar menuju Pulau Tujuh di Natuna dan Anambas. f-suhardi/tanjungpinang pos
Kapal Pelni seperti Sabuk Nusantara melayani antar pulau di Kepri sudah bisa berlabuh atau bersandar di Pelabuhan Pelantar II Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Selain bersandar, kapal Sabuk Nusantara juga bisa melakukan aktivitas bongkar muat barang-barangnya. Dan bongkar muat tidak lagi berlangsung di tengah laut sekitar perairan Tanjungpinang. Panjang Pelabuhan Pelantar II yang dibangun Pemprov Kepri 200 meter.

Keberadaan Pelabuhan Pelantar II itu diharapkan bisa mempermudah proses bongkar muat barang dari kapal-kapal Pelni.

Nanti barang-barang yang dinaikkan atau diturunkan dari kapal-kapal Pelni tidak lagi dimuat oleh perahu motor dari tengah laut lalu dibawa ke darat lagi tetapi langsung diturunkan di Pelantar II.

”Kita sudah melakukan uji coba sandar kapal Pelni di Pelabuhan Pelantar II tidak ada masalah dan ok,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Jamhur Ismail, saat dihubungi melalui ponselnya, kemarin.

Menurutnya, Dishub dan dinas terkait termasuk pengelola Kapal Sabuk Nusantara, baik itu Pelni maupun KSOP akan kembali menggelar rapat. Dalam rapat tersebut akan diputuskan bersama, kalau kapal Sabuk Nusantara sejenisnya sudah boleh berlabuh jangkar di Pelabuhan Pelantar yang panjangnya 200 meter tersebut.

”Kapal Pelni nanti bisa saja melakukan aktivitas bongkar muat barang dan penumpang di Pelabuhan Pelantar II. Tidak lagi bongkar muat ditengah laut,” ujarnya.

Sambung dia, selama ini aktivitas bongkar muat penumpang memang dilakukan di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang. Namun, untuk aktivitas bongkar muat barang dilakukan di tengahg laut.

”Kalau bongkar muat barang di tengah lalu mengunakan kapal pompong resikonya cukup besar. Kalau dilakukan di Pelabuhan Pelantar II saya rasa lebih nyaman dan keselamatan lebih terjaga lagi,” harapnya. Pelabuhan yang dibangun Pemprov Kepri saat ini sebagai tempat bongkar muat barang atau kargo. ”Bongkar muat kapal segera cepat karena tidak antre lagi,” ujarnya. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here