Kapan Lowongan CPNS Dibuka

0
331
Peserta ujian CPNS KemenkumHAM saat daftar ulang di Hotel Comfort, tahun lalu. f-dokumken/tanjungpinang pos

Pemerintah mesti terbuka, membuka lowongan CPNS dan tahapannya serta hasilnya. Kalau bisa ada simulasi computer assisted test (CAT). Semoga panitia penerimaan CPNS bisa jujur dan tanpa titipan. Apa saja syaratnya, apa saja tahapannya. dan apa saja yang dijikan.
085264633417

Mana Lowongan Kerja, Nih?
MBS Banyak nya korban Phk, sempitnya lowogan kerja membwt masyrakat berusha sendri untk bertahan hidup. Kejahatan akan menonjol. maklum krjan juga susah.
+6282383942774

TANGGAPAN:
Pengumuman formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dikeluarkan Mei 2018 mendatang. Ini berlaku disemua daerah di Indonesia. Pemerintah daerah baik Pemprov Pemkab dan Pemko tidak bisa mengajukan formasi CPNS yang tugasnya administratif. Saat ini Pemerintah pusat sedang meminta formasi CPNS yang dibutuhkan di daerah-daerah.

formasi CPNS yang diajukan juga harus sesuai dengan potensi daerah. Jika potensi daerah di bidang industri atau pertambangan, maka formasi yang diajukan, harus sesuai dengan kebutuhan untuk itu. Pemda diingatkan tidak mengajukan CPNS yang sifatnya administratif.

Selain itu, formasi yang akan disetujui juga sesuai dengan beban kerja yang dibutuhkan. Kemenpan memiliki tolok ukur. Kemenpan memiliki rumusan untuk menentukan persetujuan jumlah CPNS untuk daerah.

Sesuai kompetensi dan sesuai beban kerja. Kita ukur. Kalau beban kerja berapa, butuh pegawai berapa? Tidak boleh lagi menerima pegawai secara gelondongan. Termasuk tesnya tidak bisa main-main lagi.

Jika pengumuman formasi CPNS dilakukan Mei nanti, dan tes setelah Pilkada serentak. Untuk tes CPNS kemungkinan digelar antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018.

Kementerian PAN-RB pun menargetkan jumlah pendaftar yang diterima 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Hal ini sesuai dengan sistem minus growth yang diterapkan pemerintah. Jumlah CPNS yang diterima pun tak akan melebihi jumlah pensiunan.

2018 merupakan tahun reformasi birokrasi karena sistem rekrutmen akan menjadi salah satu aspek yang akan dibenahi. Penerimaan CPNS harus melalui satu pintu, yaitu tes penerimaan, tidak boleh ada lagi penerimaan PNS tanpa tes.

Pembenahan proses rekrutmen CPNS sudah dimulai sejak 2017, ketika pemerintah membuka formasi 37 ribu posisi CPNS untuk 60 kementerian dan lembaga. Dari alokasi itu, 10 persen di antaranya disyaratkan lulus dengan predikat cum laude.

Kementerian PAN-RB kini tengah menyusun formasi yang tepat untuk CPNS 2018. Seperti halnya terkait kompetensi yang harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan. Termasuk, menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan.

Tim KemenpanRB saat ini tidak mau lagi menerima sarjana teknik dengan asal-asalan. Harus jelas teknik apa saja yang dibutuhkan untuk ditempatkan di unit kerja yang tepat.
Dengan demikian, sebelum pemerintah memutuskan pembukaan CPNS, pihaknya sudah mengetahui seseorang itu ditempatkan di mana saja dan di unit kerja mana. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk minta pindah.(mbb)

Asman Abnur
MenPAN-RB

TANGGAPAN:
Untuk CPNS tahun ini, Pemko Tanjungpinang telah mengajukan kuota sebanyak 622 CPNS ke Menpan dan RB. Usulan tersebut sesuai dengan kebutuhan setelah melakukan analisis jabatan di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Usulan CPNS hanya tiga formasi saja. Yakni, formasi pendidikan atau guru, tenaga kesehatan dan formasi umum. Yang formasi umum ini di luar tenaga kesehatan dan guru. Namun yang paling banyak kita usulkan memang guru, karena memang kebutuhan guru ini banyak.

Usulan tersebut sebenarnya masih kurang bila melihat kebutuhan yang ada. Karena bila melihat kebutuhan lima tahun ke depan, Pemko Tanjungpinang masih membutuhkan ribuan ASN. Namun, tentunya usulan tersebut disesuaikan dengan kekuatan keuangan daerah.

Karena ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi agar usulan kita diterima. Seperti kemampuan keuangan cukup. Porsi belanja pegawai lebih rendah dari alokasi untuk pembangunan

Kita optimis Pemko Tanjungpinang akan diterima oleh Kementerian PANRB. Sejak beberapa tahun terakhir Pemko Tanjungpinang juga tidak melaksanakan penerimaan ASN. Sementara tidak sedikit ASN yang pansiun. Rata-rata setahun itu 70-an ASN yang pensiun dan memang yang paling banyak guru. Penerimaan calon ASN tersebut dilaksanakan serentak se- Indonesia.

Dengan begitu, persaingan pendaftar dari luar daerah berkurang. Karena bila tidak kabupaten/kota yang membuka penerimaan bisa menjadi serbuan pelamar. Kalau dibuka serentak, pelamar bisa memilih. Mau masukkan lamaran di Kota Tanjungpinang atau di kabupaten/ kota terdekat ia berdomisili.(bas/dri)

Riono
Sekda Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here