Kapolres Adakan Pertemuan dengan Tokoh Agama

0
86
Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama, Sabtu (8/12) pagi F-hardiansyah/ tanjungpinang pos

Natuna – Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto melakukan pertemuan sederhana bersama tokoh lintas agama yang ada di Natuna. Kegiatan itu dilaksanakan di Cafe Ranai Square, Sabtu (8/12) pagi.

Ia menuturkan, kegiatan itu bertujuan, upaya terus memupuk rasa toleransi umat beragama di Natuna. Meskipun diakuinya kondisi saat ini terjalin harmonis dan saling menghargai dan mendukung satu sama lain.

Tidak pernah ada konflik besar karena semua merasa saling memiliki untuk membangun daerah lebih baik.

Nugroho Dwi Karyanto juga berpesan menghadapi perayaan hari besar umat Kristen menyambut Natal, ciptakan suasana rukun dan saling menghargai.

“Kita ingin para pemangku agama di Natuna bisa menjaga ketertiban ditengah masyarakat. Kondisi saat ini sangat kondusif. Harapannya juga demikian menghadapi hari-hari berikutnya termasuk selama pelaksanaan perayaan amatal dan Tahun Baru,” Katanya membuka kegiatan Basembang Bacarita Kantibmas tersebut.

Diingatkannya, menjalang tahun politik 2019, peran tokoh agama dan masyarakat sangat berpengaruh. Ia berpesan untuk bisa menghargai perbedaan pilihan. Jangan sampai menimbulkan konflik diantara sesama masyarakat.

Terpenting yang perlu diingat tokoh agama, jangan menyampaikan pesan dalam mimbar berupa ajakan atau menyinggung soal tokoh politik atau berupaya menjelekan figur tertentu.

“Kita ingin tujuan kesatuan dan persatuan tetap terjaga, jangan sampai kejadian yang ada di luar daerah bisa berimbas ke Natuna,” ungkapnya.

Kepala Kemenag Natuna, Drs Husein mengapresiasi kegiatan tersbeut. Menurutnya, ajang bersilahturahmi antarumat beragama perlu dilakukan lebih rutin.

“Kita juga meminta tolong kepada seluruh tokoh agama bisa menjadi figur yang dituakan. Sehingga ketika ada konflik bisa diatasi bersama,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag), Fison Bailaen yang merasa senang atas pertemuan itu.

Secara pribadi sangat berterimakasih atas upaya silahturahmi bersama tersebut membahas berbagai hal. Termasuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kita sangat bersyukur hidup berdampingan. Buktinya setiap Minggu kami bisa beribadah dengan nyaman,” tuturnya.

Hadir juga pengurus Bamag, Ketua Lam, MUI, Kemenag, Bakesbang, Danramil, Ketua NU, Ketua Muhamadiyah, Kapolsek Bungtim, sejumlah pastur, dan para pendeta serta pemuda gereja.(hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here