Karakter Siswa Mesti Dibina Ortu dan Guru

0
578
BERSAMA SISWA: Simon Awantoko bersama siswa SDN 004 Tanjungpinang Timur.f-TUNAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Letak geografis Tanjungpinang yang berdekatan dengan beberapa negara asing, bisa menjadi peluang namun juga sebaliknya sebagai ancaman. Dalam hal ini, masuknya prilaku budaya asing dan barang-barang terlarang seperti narkoba.

Untuk itu, Anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang, Simon Awantoko menuturkan, era sekarang semua serba cepat dan sangat mudah. Untuk itu, para pelajar harus dibekali karakter atau prilaku yang benar mulai dari lingkungan rumah dan sekolah.

”Sekarang pelajaran di sekolah terkait kewarganegaraan itu sedikit, untuk itu peran orangtua dan guru sangat penting,” ujar Politi Golkar tersebut.

Baca Juga :  Siswa Tidak Dipaksa Beli Baju Seragam

Siswa atau generasi muda diminta harus mampu mencegah pengaruh-pengaruh negatif dengan melakukan aktivitas positif. Pasalnya, rasa dan nilai kebangsaan di masyarakat dirasa telah mulai terkikis.

Perkembangan teknologi terlebih media sosial saat ini semakin canggih dan dapat mempengaruhi pola pikir anak-anak muda. Fungsi orangtua sangat penting dalam hal ini memantau.

Para siswa juga harus mengetahui perwujudan pengabaian dari nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945. Seperti tindakan radikalisme yang mengatasnamakan agama, terorisme, munculnya atribut ajaran atau paham terlarang dan ujaran kebencian yang saat ini ramai di media sosial yang mengabaikan prinsip persatuan Indonesia.

Baca Juga :  PWI Kepri Beri Masukan Penyusunan Kurikulum di Kampus UPB

”Siswa jangan mudah terpengaruh, apalagi terkait isu-isu yang mengatas namakan agama,” paparnya. Untuk itu perlu kiranya ada satu upaya untuk kembali menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang merupakan suatu sistim nilai hasil kesepakatan bersama.

Mulai dari para siswa perlu diberikan pemahaman ini, terlihat sepele namun bila tidak diberikan bisa menjadi ancaman bagi masa depannya. Anak-anak perlu dibekali karakter terkait bangsa ini.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here