Karimun Bawa Piala Bergilir MTQ Provinsi Kepri

0
127
WAGUB Kepri H Isdianto menyerahkan piala bergilir MTQ kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq di Lingga, Senin (14/5) malam. f-istimewa/humas pemprov kepri

LINGGA – Kabupaten Karimun berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VII Tahun 2018 Tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga dengan nilai 131 disusul Kota Batam dengan 118 dan Kabupaten Lingga dengan perolehan nilai 50. Dengan ini Kabupaten Karimun berhak membawa Piala Bergilir MTQ Kepri.

Wakil Gubernur Kepri, H Isdianto yang menutup secara resmi MTQ ke-VII ini mengatakan, pagelaran MTQ bukan hanya sekedar kegiatan seremonial dan syiar keagamaan tanpa memahami nilai kemaslahatan yang terkandung dalam kegiatan ini.

Ia berharap setelah kegiatan ini berakhir, para qari dan qariah dapat membantu memakmurkan masjid dan musala di daerahnya. ”Agar MTQ membawa dampak terhadap upaya perbaikan umat dan syiar. Para qari dan qariah diharapkan dapat membantu upaya memakmurkan masjid dan musala dengan menghidupkan kembali kegiatan magrib mengaji dan kegiatan hafiz Quran untuk memakmurkan masjid,” kata Isdianto saat menutup MTQ di Kabupaten Lingga, Senin (14/5).

Beberapa hal yang menjadi harapan dan keinginan dari pagelaran MTQ diantaranya dengan MTQ dapat membumikan Alquran di Bunda Tanah Melayu, menerapkan nilai yang terkandung dalam Quran di kehidupan sehari-hari.

Kemudian, membangun silaturahim dengan tidak saling memfitnah dan membangun silaturahim terus menerus. ”Membangun dan menghidupkan TPA agar bisa berperan dalam pembangunan keagamaan di Kepri,” imbuhnya.

Kemampuan Baca Alquran Masih Rendah
Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, keberhasilan Karimun menjadi juara umum karena kerja keras kafilah

”Alhamdulilah, kita patut syukuri hasil nya Karimun kembali menjadi nomor 1 di bidang pengembangan Tilawah Quran di Provinsi Kepri. Setelah sebelumnya berhasil direbut kafilah Batam. Tahun lalu Karimun berhasil meraih juara 1 STQ Provinsi Kepri, tahun ini meraih prestasi MTQ jadi pialanya akan disandingkan,” kata Aunur Rafiq.

Kepada kafilah dan official yang telah bekerja keras, untuk mengharumkan nama Karimun diucapkan terima kasih. Hal yang sama juga disampaikan kepada masyarakat yang mendukung program kerja pemerintah di bidang pengembangan peningkatan iman dan taqwa.

Tingkatkan terus prestasi, karena mempertahankan lebih sulit dari merebut gelar juara ini. Beberapa cabang yang belum berhasil, akan dievaluasi kembali. ”Dan qari dan qariah yang belum berhasil juara, jangan berkecil hati. Tetaplah berbangga karena berhasil tampil pada ajang MTQ provinsi,” pesan Rafiq.

Keberhasilan Karimun meraih juara umum MTQ, tidaklah akhir dari sebuah kegiatan, tetapi harus mamberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Terkhusus kepada remaja surau atau masjid di pemukiman masyarakat.

Ia menyadari, kemampuan atau literasi membaca Alquran di tengah masyarakat masih tergolong rendah. Karena itu, diharapkan kesediaan qari dan qariah menjadi guru bagi mereka yang mau belajar tentang membaca Alquran yang baik dan benar sesuai dengan tajwid nya. Tidak lupa, orang tua mendorong anak-anak belajar di TPQ yang tersebar di tengah masyarakat.

Setibanya di Karimun, piala bergilir MTQ Provinsi Kepri diarak berkeliling Pulau Karimun sebagai ucapan terima kasih dan pemberitahuan kepada masyarakat atas prestasi yang diraih Karimun tahun ini.

Gema Alquran Harus Terus Bersenandung
Wakil Gubernur Kepri H Isdianto mengatakan, meski pelaksanan MTQ telah selesai dan resmi ditutup, tapi dia mengharapkan, agar syiar dan gema senandung Alquran tidak ikut terhenti. Tapi, harus terus terdengar di seluruh Kepri.

”Kita juga berharap agar dari pelaksanaan MTQ ini, para qari dan qariah bisa terus meningkatkan kemampuannya. Agar mereka bisa lebih baik lagi, sehingga berhak mengikuti pertandingan di level yang lebih tinggi,” kata Isdianto saat menutup secara resmi pelaksanaan MTQ VII Provinsi Kepri di Desa Lanjut Kecamatan Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Senin (14/5) malam.

Penutupan berlangsung meriah, meski harus mundur selama dua jam akibat hujan deras yang mengguyur Dabo Singkep Lingga. Lokasi acara sebgaian terendam air dan mengakibatkan sound system bermasalah.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan kategori pemenang untuk juara qasidah rebana terbaik yang diraih Kota Batam. Juga ada juara pawai taaruf terbaik yang dimenangkan utusan Kabupaten Lingga. Serta juara stan bazar terbaik direbut utusan Kota Tanjungpinang.

Selanjutnya Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyerahkan piala bergilir kepada juara umum MTQ VII Tingkat Provinsi Kepri yakni Kabupaten Karimun, dan diterima langsung Bupati Aunur Rafiq.

Nampak hadir pada acara penutupan Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Kakanwil Kemenag Kepri Marwin Jamil, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sekdako Tanjungpinang Riono, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Bupati Lingga Alias Welo, Wakil Bupati Lingga Nizar hadirin undangan lainnya. MTQ juga dimeriahkan artis solawat asal Aceh Puan Puja Sarma.

Isdianto menambahkan, ajang MTQ hendaknya juga dijadikan sarana mendidik dan penyebaran siyar Islam. Karena bagaimanapun MTQ juga mencetak insan Islami yang hafis dan paham ayat suci Alquran.

Para qari dan qariah juga ditunggu perannya dalam terus membumikan Alquran. Termsuk bagi para qari, dengan kemampuannya untuk bisa menjadi imam di masjid-masjid. ”Karena kalian mengerti dan paham bacaan Alquran baik dan benar,” jelasnya.

Ketua I LPTQ Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengucapkan terimakasih karena selama 7 hari pelaksanaan, MTQ VII tingkat Provinsi Kepri berjalan lancar dan sukses. Sebanyak 256 qari qariah, official dan mufasir dari seluruh kabupaten kota se-Kepri, telah menampilkan kemampuan terbaiknya. Tentu dari penampilan terbaik akan muncul yang terbaik. Sekaligus menempatkan mereka pada posisi juara.

”Kepada mereka yang tampil sebagai juara saya ucapkan selamat. Sedang bagi yang belum, jangan bersedih hati masih ada waktu di dalam pelaksanaan MTQ berikutnya,” kata Arif Fadillah.

Arif berterima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan acara ini. Terutama kepada tuan rumah masyarakat Lingga yang telah ikut menyemarakkan pelaksanaan ajang pengamalan nilai-nilai kandungan Alquran. (tir/yon/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here