Karimun Butuh Pusat Kesenian Terpadu

0
543
PEMERAN Putri Bungsu memanggil Awang pada pementasan Mak Yong yang berlangsung di Desa Mantang Lama, Kabupaten Bintan belum lama ini.F-istimewa
Kabupaten Karimun atau bumi berazam butuh pusat kesenian terpadu, yang bisa menampung ragam kegiatan seni dan budaya untuk dilestarikan.

KARIMUN – ”Kita berharap, di Karimun ada satu gedung tempat pementasan seni dan budaya. Tujuannya, agar bisa dimanfaatkan kawan-kawan seniman mengembangkan karyanya. Tempat tersebut menjadi pusat pagelaran budaya,” kata J Syahputra, warga Karimun.

Sebenarnya, ada beberapa gedung milik Pemerintah yang dapat dijadikan sebagai pusat seni budaya.

Hanya saja, mungkin belum terpantau atau terpikirkan Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata Karimun.

Baca Juga :  Hadang Masuknya Melon Berbakteri

Jika ada pusat seni budaya Karimun, tentunya dapat dimanfaatkan pemerintah setempat ketika menerima tamu tamu dari kabupaten/kota lain yang datang ke Karimun.

Apakah nantinya, ada kunjungan pemerintahan atau kunjungan wisatawan atau bisa jadi DPRD kabupaten/kota.

Pusat seni ini menjadi tempat bertemunya para seniman dari berbagai ragam bentuk seni dan budaya.

Atau tempat belajar, bagi mereka yang hendak belajar tentang seni misalnya pembuatan marchendise, souvenir, oleh-oleh hasil karya seniman.

Pusat ini tergolong penting, untuk mengetahui ragam kesenian dan budaya baik bersifat benda maupun non benda.

Baca Juga :  Listrik Padam Tiap Hari di Kundur

Ke depan, Karimun dapat mencontoh beberapa daerah yang sudah punya pusat seni di Indonesia.

Untuk membuat pusat seni, dapat melibatkan seniman dan budayawan. Tujuan dari pusat ini dapat untuk menanamkan rasa memiliki seni kepada masyarakat, ada tari, lagu, seni rupa, dan lainya.

Nanti lokasinya ditetapkan ditempat yang mudah dijangkau. Atau bisa dilalui dengan angkutan kota, untuk memudahkan akses menuju lokasi,” kata J syahputra penuh harap.

Seperti sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bintan mengelar teater tradisonal mak yong berasal dari Mantang, Kabupaten Bintan. Selama ini, Mak Yong bak mutiara yang tenggelam dalam lumpur.

Baca Juga :  Lulusan SMK Harus Mampu Berwirausaha

”Pentas seni untuk melestarikan kesenian Mak Yong. Karena Mak Yong merupakan warisan dunia yang berasal dari Mantang Lama. Bahkan, Mak Yong sudah diakui oleh PPB,” kata Camat Mantang, Pilihan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here