Karimun Raih Predikat Non-IHK

0
16
ASISTEN Setda Karimun Sensissiana menerima penghargaan dari BI Kepri atas predikat tekan inflasi daerah tahun 2018. F-ISTIMEWA

Kabupaten Karimun tahun 2018 mendapat predikat Non Indeks Harga Konsumen (IHK) terbaik se-Provinsi Kepri yang diserahkan di Batam oleh pihak BI Kepri.

KARIMUN – ”Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Karimun saat ini tidak hanya fokus pada pencapaian pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja. Melainkan juga harus menjaga stabilitas harga meliputi ke seluruh wilayah,” kata Sekda Karimun M Firmansyah, Selasa (4/12).

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi disertai inflasi yang rendah dan stabil sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat di Kabupaten Karimun.

Ia juga menambahkan, yang merangkap jabatan sebagai Ketua Pelaksana harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karimun.

Untuk itu, upaya menjaga laju inflasi di Kabupaten Karimun dengan menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok serta menjaga ekspektasi masyarakat.

Ia menambahkan, menjelang bulan November dan Desember yang terdapat dua momen besar antara lain hari Natal dan Tahun baru yang harus menjadi perhatian semua stakeholder, khususnya Tim Pengendalian Inflasi Daerah yang harus bekerja keras sesuai dengan porsinya masing-masing.

”Dalam menjaga tingkat inflasi rendah dan stabil di hari besar tersebut, TPID Kabupaten Karimun akan memperhatikan arahan bapak Presiden RI mengenai peningkatan perekonomian dan pengendalian inflasi. Melalui penyusunan Roadmap pengendalian inflasi Kabupaten Karimun,” terang Firmansyah.

Empat hal penting dalam pengendalian inflasi di daerah, lanjutnya, yakni ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, komunikasi efektif yang saat ini sedang disusun Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Karimun.

Angka inflasi hasil kerja sama BPS Kabupaten Karimun bersama Bagian Perekonomian Kabupaten Karimun pada bulan Oktober, sebesar 0,47 persen dengan indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,86.

Sedangkan inflasi tahun kalender dan inflasi tahun ke tahun hasil perhitungan Bulan Oktober 2018 terhadap Oktober 2017 “Year on Year” (yoy) sebesar 1,15 persen.

Apabila asumsi inflasi yang terjadi, sama pada bulan November dan Desember pada tahun 2017, maka inflasi “Year on Year” (yoy).

Dengan pencapaian hingga saat ini, TPID Kabupaten Karimun optimis dengan pencapaian inflasi tahun ini dapat melampaui target yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu sebesar + 3,5 persen.

Bahkan, tahun ini inflasi Kabupaten Karimun lebih baik pada tahun 2017 yaitu sebesar 2,4 persen.

Atas pencapai Tim Pengendalian Inflasi Kabupaten Karimun yang dianggap telah berhasil menjaga inflasi yang rendah dan stabil di beberapa tahun ini.

Maka pada tahun 2018, Kabupaten Karimun dianugerahi sebagai TPID Terbaik Kabupaten Non sampel IHK. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here