KARS Pusat Survei Fasilitas Pelayanan RSUD Bintan

0
517
KOORDINASI: Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam berkoordinasi dengan tim KARS pusat dan Direktur RSUD Bintan Beni Antomy, serta Kepala DLH Afrizal, Senin (18/12) kemarin. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

KIJANG – Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pusat melakukan survei akreditasi fasilitas dan pelayanan RSUD Kabupaten Bintan, Senin (18/12) sampai dengan Selasa (19/12) ini. Survei ini dilakukan, untuk meningkatkan status atau predikat RSUD Bintan, dari tipe D naik menjadi tipe C.

Tim survei KARS pusat ini dipimpin oleh dr Jimmy dan dr Rosa Wijaya. Tim melakukan penilaian dan riset, terhadap pelbagai fasilitas alat kesehatan maupun pelayanan di RSUD Kabupaten Bintan.

Direktur RSUD Kabupaten Bintan dr Benni Antomy MKed (An) SpAn menjelaskan, status akreditasi RSUD Kabupaten Bintan saat ini masih tipe D. Status tersebut akan ditingkatkan menjadi tipe C.

”Kita harapkan, dengan kunjungan dan penilaian dari tim KARS ini, bisa meningkatkan status RSUD dari tipe D ke tipe C,” ujarnya.

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam mengharapkan, agar RSUD Kabupaten Bintan berstandarisasi dalam setiap pelayanan kesehatan. Dirinya juga mengharapkan, dengan peningkatan status dari tipe D ke tipe C, akan mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal. Tentunya, peningkatan status ini ini harus ditunjang dengan perlengkapan dan peralatan kesehatan yang lebih baik.

”Dengan survei ini, mutu pelayanan RSUD Kabupaten Bintan diharapkan terus ditingkatkan, dan menjadi rumah sakit yang nyaman,” ujar Dalmasri Syam di sela penyambutan kedatangan tim KARS, di Kijang, pagi kemarin.

Tim surveyor KARS akan melakukan penilaian status akreditasi RSUD Bintan, berdasarkan pedoman Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). SNARS ini meliputi tentang sasaran keselamatan pasien, standar keselamatan berfokus pada pasien, standar manajemen rumah sakit, program nasional, dan Integrasi Pendidikan Kesehatan Pelayanan (IPKP) rumah sakit.

Penyambutan tim KARS pusat itu turut hadir Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dinkes dr Gama Isnaeni, Inspektur Inspektorat Daerah R Akib Rachim, Kepala BPPPD Bintan Wan Rudi Iskandar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Afrizal Bahar, dan jajaran RSUD Kabupaten Bintan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here