Kasus Dugaan Money Politics Segera Pleno

0
234
AKP Efendri Ali
Kasus dugaan money politics yang ditemukan oleh pihak kepolisian Polres Tanjungpinang akan segera diplenokan oleh pihak Bawaslu.

TANJUNGPINANG – Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Ali mengatakan, kasus ini tetap bergulir, dijadwalkan, Senin (22/4) akan diplenokan oleh pihak Bawaslu. Setelah itu, mereka akan membahas 14 hari.

”Besok diplenokan, didaftarkan sebagai temuan di Baswaslu,” katanya Minggu (21/4).

Lanjutnya, setelah pleno nanti, dari pihak Bawaslu melaporkan ke pihak Penegakan Hukum Terpadu (Gakummdu) yang berada di Polres Tanjungpinang melakukan proses sidik.

”Setelah dilaporkan ke Gakummdu, 14 hari kemudian berkas ini harus p21 atau lengkap,” sebutnya.

Ia menjelaskan, saat ini perkara dugaan money politics belum ada tersangka namun setelah ke diserahkan ke Gakummdu baru ada yang menjadi tersangka sesuai dengan undang-undang Pemilu.

”Ketiga kasus dugaan politik uang yang di tangani akan sekaligus di pleno,” ujarnya.

Seperti berita sebelumnya, selama masa tenang tiga perkara dugaan politik uang dilakukan oleh oknum calon anggota legislatif (caleg).

Pihak kepolisian telah mengamankan empat orang terdugaan pelanggaran pemilu yang diduga dari oknum caleg dari dapil Tanjungpinang Timur dari Partai Gerinda dengan inisial MA kejadian di sekitar Perumahan Bukit Raya Ganet.

Kemudian dugaan politik uang di antaranya dari Partai Garuda dengan inisial oknum caleg yakni B dan R, merupakan dari temuan panwascam Tanjungpinang Timur. Atas kejadian ini para pelaku diancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here