Kawasan tanpa Asap Rokok

0
503
Dian Fadillah, S.Sos

Oleh: Dian Fadillah, S.Sos
Ketua PKBM Suara Lampion Kepri

Rokok adalah adalah lintingan tembakau yang digulung / dibungkus dengan kertas, daun atau kulit jagung sebesar kelingking dengan panjang 8-10 cm yang biasanya dihisap seseorang setelah membakar bagian ujungnya. Rokok pada prinsip dibuat oleh pabrik bahan kimia berbahaya. Hanya dengan membakar dan menghisap sebatang rokok saja, dapat diproduksi lebih dari 4000 jenis bahan kimia. 400 diantaranya beracun dan 40 diantaranya bisa berakumulasi dalam tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Rokok juga termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi (ketagihan) dan dependensi (ketergantungan) bagi orang yang menghisapnya yang termasuk golongan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, Alkohol, dan Zat Adiktif).

Apabila kita tanyakan kepada setiap orang terutama laki-laki tentang mengapa “Merokok” pasti memiliki berbagai alasan. Jawabannya yaitu karena Coba-coba,  Ikut-ikutan, Sekedar ingin merasakan, Kesepian, sampai agar terlihat gaya (gengsi). Ada juga yang menyampaikan mengapa berani merokok karena melihat dan meniru orang tuanya. Alasan Iseng serta banyak pameo dimasyarakat yang menyatakan bahwa rokok itu dapat menghilangkan ketegangan, Biar tidak dikatakan  banci, Lambang kedewasaan, Mencari inspiras, Sebagai penghilang stress karena kejenuhan dan sebagainya.

Bagi kebanyakan masyarakat di kota dan didesa terutama kalangan pelajar yang rentan aktivitas bahwa mulai berani merokok disebabkan oleh dorongan lingkungan yang sebahagian besar perokok aktif apalagi orang tua dan orang terdekat sehingga awalnya tidak perokok malah menjadi perokok dan menikmatinya. Kebanyakan orang juga merasa dengan merokok dirinya merasa sangat hebat, gaya, dan memiliki keberanian lebih sehingga ditakuti orang lain padahal apabila tidak pandai menjaga diri maka rokok merupakan awal cerita dari terjerumusnya seseorang kepada obat-obatan terlarang. Orang yang mengkonsumsi rokok Aktif adalah seseorang yang dengan sengaja menghisap lintingan atau gulungan tembakau yang dibungkus biasanya dengan kertas, daun, dan kulit jagung. Secara langsung mereka juga menghirup asap rokok yang mereka hembuskan dari mulut mereka. Tujuan merokok pada umumnya adalah untuk menghangatkan badan dari suhu yang dingin. Tapi seiring perjalanan waktu pemanfaatan rokok disalahartikan bahwa rokok dianggap sebagai suatu sarana untuk pembuktian jati diri bahwa mereka yang merokok adalah “keren” yang sebenarnya dapat membahayakan Perokok Pasif yang mendapatkan akibat dan resiko gangguan kesehatan yang sama dengan merokok langsung sendiri yang mengandung Bahan-Bahan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan seperti Nikotin, Karbon monoksida (CO), Tar, DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana), Aseton, Formaldehi lebih sering kita kenal sebagai zat formalin, digunakan untuk mengawetkan mayat.

Penyakit Paru-paru dan jantung merupakan penyakit yang timbul karena rokok yang dikopnsumsi dan masuk ke badan yang termasuk diantara tiga kematian terbesar di dunia yang pada hakekatnya diakibatkan oleh penyakit kardiovaskuler dimana pemakaian tembakaulah salah satu factor resiko terbesar penyakit ini di negara yang sedang berkembang membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahun.

Penyakit ini menyangkut pemakaian tembakau di Negara-negara maju membunuh lebih dari 600.000 orang setiap tahun. Memang Rokok is the best yang memicu jantung berdenyut lebih cepat, menaikkkan tekanan darah dan meningkatkan resiko terjadinya hipertensi serta penyumbatan arteri yang akhirnya menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Apa langkah yang harus kita lakukan untuk oang yang kita cintai? berhenti adalah solusi akhirnya sebelum rokok mengakhiri hidup kita . Agar kita dapat terhindar dari kebiasaan merokok beserta lingkungan perokok di tempat kerja di sekolah dan di masyarakat maka sepatutnya kita menanamkan keyakinanpenuh untuk berhenti mulai dari sekarang . Niat yang kuat bahwa merokok akan membunuhmu secepat mungkin dan tidak akan pernah menguntungkan diri sendiri dan orang lain rokok. Say No To Smoke … Apabila telah mampu menerapkan untuk tidak merokok maka kita akan bertemu dengan kesehatan yang tinggi bagi semua perokok. Khususnya untuk adek adek kami yang remaja dengan berhenti dari kebiasaan merokok bukanlah suatu hal yang mustahil asal tidak bergaul lagi denan perrokok lain kaena apabila dapat meninggalkannya akan membuat badan terbebas dari nikotin dalam masa 8 jam dan setelah waktu satu minggu efek dari kebiasaan merokok tersebut akan hilang sehingga lama-kelamaan, tubuh akan memperbaiki kerusakannya akibat tembakau dan bahan kimia lain yang pada rokok. Berhentilah merokok … berhentilah mengotori lingkungan dengan rokok dengan cara afirmasi kepada diri sendiri untuk Berhenti, menunda secara perlahan, mengurangi, dan menghentikan dengan melakukan Pengalihan  aktivitas positif pada olahraga dan senibudaya sehinggga keringat dan pikiran tidak terfokus lagi kepada rokok. Akitivbitas positif juga bisa ditempuh dengan melakukan sesuatu pada hal yang disenangi, rekreasi bersama teman, membaca majalah, komik, bermain atau mendengarkan musik, mengikuti kegiatan organisasi mesjid mushalla dan remaja sampai dengan belajar bersama sama dengan kelompok belajar dengan dukungan penuh keluarga dan tempat bergaul saling mendukung untuk mengurangi atau bahkan menghentikan sama sekali kebiasaan merokok anak sekolah dan remaja menjadi lebih terarah, positif dan bermanfaat.

Pada hakekatnya merokok merupakan suatu pengaruh besar lingkungan yang tidak terlepas dari kultur masyarakat daerah yang berada di lereng pegunungan, persawahan, petani ataupun nelayan. Disamping suasana dingin yang mendukung maka rokok dikonsumsi untuk sedikit menghanyatkan badan termasuk pekerjalepas, buruh pabrik dalam konteks perkembangan hidup masyarakat di generasi berikutnya. Apabila diberikan sanksi yang besar bagi perokok mungkin tidaklah demikian sehingga kembali kepada kesadaran masing-masing individu dalam peduli pada diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Aku rindu Indonesiaku Sehat … Bersih … …bebas asap rokok dan Mari kita jadikan wilayah sekitar kita menjadi Kawasan tanpa asap rokok. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here