Kayuh Jongkong Jalin Silaturahmi

0
588
SERUNYA pertandingan kayuh jongkong yang pesertanya merupakan ibu-ibu rumah tangga di Desa Sri Tanjung sebagai bentuk jalin silaturahmi antar warga, Minggu (18/11).f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH turut hadir ditengah-tengah kegiatan warga Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan dalam kegiatan Lomba Kayuh Jongkong sebagai bentuk menjaga tali silaturahmi antar warga, Minggu (18/11).

ANAMBAS – Terlihat sejumlah masyarakat di Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, turut meramaikan acara yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat usai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) beberapa waktu yang lalu.

Ashar, selaku warga Tarempa menyaksikan lomba itu di Jalan Tanjung Lambai dengan penuh sorak sorai dan meriah dengan kebersamaan masyarakat.

”Saya senang lihat ada pertandingan rakyat seperti ini, dan saya juga bergegaslah berhenti kendaraan saya agar dapat menyaksikan pertandingan kayuh jongkong tersebut,” kata Ashar, ketika di wawancarai diminta pendapatnya terkait acara tersebut, Minggu (16/11).

Baca Juga :  Nelayan Bingung Aturan Pasang Bubu

Menurutnya, pertandingan kayuh jongkong itu yang lebih menariknya adalah para ibu-ibu rumah tangga ikut menjadi peserta. Karena itulah, yang membuat penonton bersorak sorai.

Kalau resiko terguling jongkong ketika berkayuh, sejumlah peserta harus bisa berenang dan penjaga keamanan di laut dari panitia sudah bersiap-siap.

”Rata-rata yang ikut bertanding bisa berenang meskipun ibu-ibu. Pastinya pertandingan semacam ini sangat menarik,” ucap dia.

Sedangkan, Ipda Nuridin yang hadir diacara itu juga mengatakan,pihaknya sangat mendukung di acara rakyat seperti ini dan ia juga terus memantau terkait kemanan ketika acara itu berlangsung pada hari Sabtu (17/11) pagi.

Baca Juga :  Warga Siantan Segera Nikmati Sinyal 3G

”Seru juga ada pertandingan kayuh jongkong kemarin. Ramai juga dan pak Bupati Anambas menyempatkan diri untuk menyaksikan acara tersebut,” jelas Nuridin.

Ia menilai, acara ini bagian dari silaturahmi antar masyarakat agar dapat lebih erat lagi menjalin komunikasi.

Diharapkan, seluruh desa bisa melaksanakan kegiatan yang sama dengan berbagai macam bentuk acara yang meriah namun dilaksanakan secara bersama-sama dan bahu-membahu.

Selain itu juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Anambas.

”Bagus acaranya dan itu baik bagi masyarakat dalam menjalin silaturahmi. Ini harus digiatkan lagi yang lebih luas,” tutup dia.

Baca Juga :  Nelayan Duga Ada KIA di Perairan Anambas

Karena, Lombah Kayuh Jongkong dengan melibatkan peserta dari kaum ibu-ibu ini sangat jarang dan menarik tentunya untuk ditonton. (INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here