Ke Dabo Tak Lagi Berdesakan

0
535
Lintas Kepri : MV Lintas Kepri saat masih berada di batam beberapa waktu lalu. F-dok

Pemprov Bakal Operasikan Mv Lintas Kepri

TANJUNGPINANG – Untuk mengantisipasi membludaknya arus mudik transprotasi laut menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan mengoperasikan kapal Mv Lintas Kepri untuk melayanai rute Tanjungpinang – Lingga. Rencananya, kapal cepat berbahan aluminium tersebut berlayar minggu kedua puasa Ramadan di pelabuhan Sribintan Pura (SBP).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail mengatakan, untuk mengoperasikan kapal Mv Lintas Kepri tersebut, kini pihaknya sedang mengurus administrasi terkait rute pelayarannya.

Dikatakannya, dengan dioperasikan kapal tersebut bisa mengatasi permasalahan arus mudik melalui Pelabuhan SBP Jelang lebaran. ”Saat ini kita sedang urus segala administrasinya. Insya Allah, minggu kedua sudah mulai operasi,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kapal dengan kapasitas 158 penumpang itu, nantinya akan dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri. Sedangkan untuk operasionalnya, lanjut Jamhur, Pemprov Kepri tidak akan memberikan subsidi kepada BUP. Karena, hanya akan membebankan keuangan daerah.

”Subsidi tidak kita tanggung lagi. Itu nanti sudah urusan BUP dan pihak ke tiganya,”ucap Jamhur.

Dirinya menegaskan, selain menjadi solusi persoalan mudik lebaran, Mv Lintas Kepri juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepri dari sektor perhubungan.

Perlu diketahui, pada 2015 lalu Pemprov Kepri membeli kapal cepat Mv. Lintas Kepri senilai Rp 25,9 miliar. Kapal tersebut memiliki panjang 35,60 meter, lebar 5,60 meter dan berat 129 gross ton (GT). Meski sudah dua tahun diadakan, hingga kini kapal berbahan alumunium tersebut secara resmi belum dioperasikan.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here