Kebut Proyek Agar Ekonomi Lancar

0
376
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun meninjau pembangunan jalan Coastal Area Karimun, Selasa (3/4) pagi. f-istimewa/humas pemprov kepri

KARIMUN – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun terus melakukan peninjauan kegiatan-kegiatan saat berkunjung ke sejumlah daerah. Gubernur ingin memastikan bahwa kegiatan yang menggunakan uang rakyat itu selesai tepat waktu dan sesuai aturan.

”Cepat selesai, akan cepat berfungsi maksimal,” kata Nurdin saat melakukan peninjauan progres pembangunan jalan di kawasan Coastal Area, Karimun, Selasa (3/4) pagi.

Nurdin memang melihat aktivitas langsung pekerja dalam pembangunan jalan tersebut. Tampak pekerja melakukan pengerukan tanah di kawasan yang belum teraspal.

Sebelumnya sebagian jalan di Coastal Area yang sudah beraspal namun hanya bisa dilewati satu mobil dan satu motor untuk tiap arahnya, proyek tahun ini sepanjang 423 meter jalan dilebarkan. ”Kita sedang proses pelebaran dan pengaspalan ulang pak,” ujar Robit salah satu pekerja menjelaskan.

Pengawas proyek tersebut menuturkan juga bahwa nantinya akan diberi penyangga beton di jalan yang berada di tepi laut. ”Jangan sampai ketika air laut pasang, naik hingga ke jalan,” pesan Nurdin.

Nurdin menjelaskan infrastruktur yang dibangun akan memacu dan memicu pertumbuhan ekonomi. Ekonomi masyarakat pun ikut bergerak. ”Kita terus mendukung setiap bentuk usaha yang dilakukan masyarakat,” kata Nurdin setelah meninggalkan kawasan pembangunan jalan.

Sesaat telah bergerak Gubernur menghentikan laju kendaraannya untuk singgah ke salah satu penjual air tebu di tepi jalan. Fitria, pemilik gerobak tebu yang setiap harinya berjualan di area tersebut menjadi perhatian Nurdin, ia turun dari mobilnya lalu berbincang sejenak dan secara spontan ikut membantu menggiling tebu yang dijual setiap harinya sebungkus/segelas seharga Rp 7 ribu.

Fitria selaku penjual mengaku terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Kepri tersebut. ”Saya senang bisa bertemu langsung dengan Pak Gubernur,” kata Fitria.

Sebelum meninggalkan lokasi, Gubernur membeli air tebu sebanyak seratus ribu rupiah untuk kemudian diberikan kepada para pekerja yang sedang melebarkan jalan tepat di depan air tebu tersebut berjualan.

Soal pembangunan, pada Senin (2/4) petang, Gubernur juga melakukan kunjungan ke Desa Penarah, Kecamatan Belat, Karimun. Di Penarah, Nurdin menjemput aspirasi yang disampaikan masyarakat setempat yang diwakili oleh Kepala Desa Awaluddin.

Awaluddin menyampaikan perihal pembangunan jalan di sepanjang Pelabuhan Penarah serta perbaikan pelabuhan Kampung Seberas. Setelah dialog, Nurdin menyempatkan diri bermain sepak takraw. Bersama Awaluddin, Nurdin meninjau pelabuhan kampung Seberas.

Beberapa permintaan dari Kades seperti bantuan untuk membangun batu miring di tepi pelabuhan serta pemanjangan jalan menuju ponton pelabuhan. ”Sekitar 10 meter lagi Pak Nurdin, agar ketika air laut surut kapal masih tetap bisa berlabuh,” ujarnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here