Kecamatan Harus Punya Mobil Damkar

0
423
BERDIALOG: Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau lokasi kebakaran dan berdialog dengan korban rumah terbakar. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Pemerhati Kebijakan Aparatur daerah Abizar mengusulkan, setiap Kecamatan di Karimun harus dilengkapi dengan unit mobil Pemadam Kebakaran (damkar). Sehingga, mobil Damkar bisa ditempatkan pada pertengahan Ibu kota Kecamatan. Tujuannya, bila terjadi kebakaran bisa cepat teratasi dengan segera.

”Kita harus belajar dari kejadian Sabtu (4/11) malam kemarin, jarak pos pemadam kebakaran dengan lokasi dibutuhkan waktu 5 menit untuk sampai ke tempat kejadian. Kurun waktu 5 menit, api yang menjalar dapat diminimalisir,” kata Abizar.

Ia menyarankan, sebaiknya pos Damkar di setiap Kecamatan tepat di tengah.
Sehingga, jika terjadi kebakaran akan lebih mudah dan mempercepat damkar tiba di lokasi. Jika dibandingkan dengan pos Damkar saat ini, yang berada di pintu masuk Pulau Karimun akan memakan waktu.

Idealnya, dengan kepadapatan penduduk di Pulau Karimun. ”Minimal dilengkapi dengan 4 unit Damkar dan selang dan tangga yang panjang. Sehingga dimana pun lokasinya dapat dijangkau saran,” ungkap Abizar.

Sampai Senin (6/11), korban kebakaran masih menginap di Masjid Al Furqon.
Sumbangan dari organisasi dan pemerintah telah diterima berupa pakaian, makanan dan alat tidur lainnya termasuk pembinaan mental rohani, untuk menguatkan para korban. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here