Kecamatan Jemaja Gelar MTQ

0
29
KEGIATAN MTQ Kecamatan saat berlangsung di Kecamatan Jemaja. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan akan selesai dilaksanakan hari ini, Sabtu (6/1). Sebelumnya MTQ tingkat kecamatan itu dibuka pada, Rabu (3/1).

Kegiatan MTQ tersebut berlangsung hingga Sabtu (6/1), tepatnya di Dusun Pasir Panjang, Desa Landak Kecamatan Jemaja. Camat Jemaja Abdulah Sani menjelaskan, MTQ adalah festival pemuliaan kitab suci Alquran yang diselenggarakan secara serentak.

Dalam acara tersebut, akan diseleksi seluruh dari peserta pembaca Alquran yang terbaik. Bagi yang dinilai baik, maka akan bisa mewakili kecamatan di acara MTQ tingkat kabupaten bahkan provinsi nantinya. Selain itu, juga masyarakat dari sejumlah perwakilan dari masing-masing desa akan mengikuti kegiatan pawai taaruf.

Cabang yang dipertandingkan adalah Cabang Tartil 14 Orang, Cabang Tilawah Anak 13 Orang, Cabang Tilawah Remaja 14 Orang, Cabang Tilawah Dewasa 5 Orang, Syarhil Quran 12 Orang Terbagi Empat Kelompok, Fahmil Quran 15 Orang Terbagi Lima Kelompok, Khattil Quran 5 Orang.

”Acara pembukaannya malam kemarin, acara pawainya hari ini pukul 8.00 WIB. Alhamdulilah. Masyarakat cukup sangat antusias mengikuti acara tersebut, meskipun keadaan cuaca kurang bersahabat dengan turunnya hujan ringan,” kata Abdullah Sani, Kamis (4/1).

Ia mengapresiasi atas kegigihan warga sekitar dalam menyukseskan dan menyelenggarakan kegiatan ini cukup menjadi perhatian bersama. Padahal, Desa Landak tergolong masih baru dan baru berusia sekitar 4 tahun menjadi desa sendiri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kecamatan Jemaja H Abdul Gafar Jaya menyampaikan, acara diikuti 9 Kafilah. Kafilah itu diantaranya, perwakilan Kelurahan Letung berjumlah 14 peserta, Desa Landak 15 peserta, Desa Rewak 6 peserta, Desa Keramut 6 peserta, Desa Batu Berapit 13 peserta, Desa Mampok 1 peserta, Desa Air Biru 11 peserta, Desa Impol 9 peserta dan Desa Sunggak berjumlah 9 peserta. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here