Kecamatan Kepulauan Posek Butuh SMA

0
480
SISWA lulusan SMA sederajat ketika mengikuti tes masuk Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) di SMK Mahardika Dabo Singkep belum alama ini. F-ISTIMEWA

LINGGA – Warga Kecamatan Kepulauan Posek meminta pemerintah membangun Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA). Saat ini, banyak anak-anak yang putus sekolah saat akan melanjutkan ke jenjang SMA disebabkan karenan biaya yang tinggi jika menyambung ke sekolah SMA di daerah yang memiliki seolah SMA/sederajat.

”Untuk lahan pembangunan sekolah sudah kami siapkan di Desa Busung Panjang Kecamatan Kepulauan Posek. Hal ini sudah disampaikan kepada Kadis Pendidikan Lingga,” kata Kepala Desa Busung Panjang, Baharudin, kemarin.

Baharudin menjelaskan, sudah lama masyarakat menantikan kehadiran sekolah SMA/sederajat di daedahnya. Adanya Sekolah SMA/sederajat tentunya sangat membantu kelanjutan pendidikan ana-anak di daerah ini.

”Banyak anak di Posek yang putus sekolah dan tidak melanjutkan ke jenjang SMA selama puluhan tahun. Penyebabnya karena orang tua tidal mampu mengeluatkan biaya jika menyekolahkan anaknya di kecamatan lain,” jelasnya.

Jarak Kepulauan Posek dengan sekolah SMA terdekat lanjut Amat membutuhkan waktu dua sampai tiga jam dengan menggunakan jalur laut. Bagi orang tua yang mampu, mereka menyewa rumah untuk tempat tinggal anak ya g bersekolah. ”Bagi yang tidak mampu tentu tidak dapat menyekolahkan anak-anaknya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Lingga. Junaidi Adjam membenarkan dirinya pernah ke Busung Panjang untuk membicarakan pembangunan SMA. Namun, hal itu kewenangan Provinsi Kepri. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here