Kecerian Guru-guru SD di Kijang pada Peringatan Hari Guru Nasional

0
302
PARA guru saat menyanyikan lagu Indonesia Raya pada upacara Hari Guru Nasional di halaman Sekolah SDN 003. f-istimewa

BINTAN – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2018, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Bintan Timur melaksanakan ppacara bendera di halaman sekolah pada Senin pagi (26/11).

Setelah upacara, ramai-ramai guru yang berasal dari SDN 003 dan Gugus Kijang Kota dengan SDN 013 dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Islamiah mengikuti beberapa lomba.

Lomba tersebut, untuk menjadikan susasana HGN tahun ini menjadi ceria.

Kepala sekolah SDN 003 Bintan Timur Bariah M.pd.i menyampaikan, guru merupakan ujung tombak dari dunia pendidikan bagi kemajuan generasi bangsa dan negara.

Ia juga menegaskan, tetap lah menjadi guru yang profesional dalam mendidik siswa di sekolah.

Pada peringatan HGN kalini, Bariah mengingatkan, bahwa sebagai tenaga pengajar terus meningkatkan kompetensi dalam belajar mengajar.

”Diera digital sekarang ini, guru jangan sampai tertinggal zaman. Semua guru harus bisa menguasai, dan mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai murid yang lebih pintar dari gurunya,” ungkap Bariah.

Dengan berkembangnya dunia digital dan media sosial, SDN 003 tetap mengantisipasi terhadap siswanya terkait penggunaan internet dan medsos.

Pengembangan karakter siswa sangat penting seperti ini, tentunya hal itu juga harus dilandaskan dengan ketaqwaan.

”Kita di SD 003 ini selalu memprogramkan salat berjamaah, salah satu nya untuk meningkatkan ketaqwaan. Terkait smartphone, kiita tidak bisa langsung melarang siswa. Tetapi kita mengarahkan dengan baik, dan tetap mengawasinya. Seperti tidak boleh bawa hape ke sekolah. Kalaupun bawa hape dititipkan, setelah pulang sekolah baru di kembalikan,” ujar Bariah.

Pengawasa itu, lanjut Bariah, pihaknya juga telah membangun komunikasi dengan orang tua siswa/i melalui paguyuban kelas.

Dengan demikian, ia lebih muda mengontrol dan membangun kualitas mengajar disekolah yang ia pimpin.

Selain itu, ia juga menjalankan evaluasi bagi guru-guru yang mengajar. Guru-guru yang berada satu gugus sekolah di Kijang Kota seperti SDN 003, SDN 013 dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Islamiah berharap ke depannya acara peringatan HGN lebih meriah. Sehingga, dapat mengumpulkan seluru guru di seluruh Kecamatan Bintan Timur.

Adapun kegiatan lomba ceria HGN kali ini, yaitu Lomba antar Lomba Estafet air, lomba bakiak, lomba hulahop dan lomba berebut kursi.

Suasana riang, benar-benar terpancar dari wajah pada guru Gugus 1 Kijang kota disaat mengikuti permainan yang dilombakan.

Canda tawa pun begitu lepas, dengan penuh semangat dan kekompakan pun terlihat dari beberapa permainan yang diikuti.

Untuk ke depannya Bariah berharap, kegiatan yang dilaksanakan akan lebih meriah dari tahun ini dan lebih banyak lagi kegiatan yang akan dilaksanakan.

”Insyaallah HGN tahun depan lebih meriah dari ini. Saat ini, kita melaksanakan kegiatan untuk Guru Gugus 1 Yaitu SDN 003, SDN 013 dan Madrasah ibtidaiyah Swasta (MIS) Islamiah Kijang, mungkin ke depannya akan dibuat kegiatan upacara dan lomba seluruh sekolah Dasar se-Kecamatan Bintan Timur,” tutupnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here