Kehabisan Solar, Pasien Tak Dilayani

0
583
SEPI: Aktivitas di Puskesmas Pancur sering terlihat sepi tanpa ada pelayanan masyarakat sehari-hari. f-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – Masyarakat keluhkan pelayanan Puskesmas Pancur Kecamatan Lingga Utara karena terhambat masalah listrik.

Pasalnya, warga yang datang ke puskesmas untuk berobat harus menunggu lama karena listrik di daerah tersebut hanya menyala pada malam hari. Lebih parahnya, pihak puskesmas tidak segera mengoperasikan mesin genset dengan alasan kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar.

”Perawat yang bertugas tidak bisa berbuat banyak untuk menghidupkan mesin genset tersebut. Pasalnya, untuk BBM solar mesin genset menjadi tangungjawab kepala puskesmas,” ujar Dahrian, seorang pasien yang berobat, Senin (29/5).

Menurutnya mesin genset tersebut, merupakan fasilitas pendukung puskesmas di siang hari saat lisrik PLN padam. Dahrian pun merasa kecewa dengan pelayanan Puskesmas Pancur, karena harus menunggu lama untuk mendapat tindakan medis.

Ia menambahkan, kejadian tersebut juga dialami warga lainnya saat ebrobat ke puskesmas tersebut. Hingga siang hari, Kepala Puskesmas dr Isromi tidak muncul dan mesin genset tesebut juga tidak menyala. Sementara, pasien yang menunggu untuk berobat juga berdatangan.

”Ini sudah berkali-kali, dan hanya gara-gara solar tidak ada pelayanan kesehatan warga terganggu,” tegas Dahrian.

Ia berharap, pemerintah segera membenahi persoalan tersebut terkait kesiapan pelayanan listrik selama 24 jam. Untuk aktivitas disiang hari, masyarakat pancur menggunakan mesin genset pribadi.

Sedangkan pelayanan listrik PLN hanya bisa dinikmati malam hari, dan mesin PLN yang sudah tidak mampu beroperasi selama 24 jam. Masyarakat setempat menginginkan Dinas Kesehatan Pemkab Lingga, harus membenahi pelayanan kesehatan di Puskesmas Pancur.
”Ini tidak bisa dibiarkan, Dinkes harus segera turun tangan.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here