Kehadiran Mobil SIM Keliling Membantu Masyarakat

0
1131
MELAYANI: Petugas kepolisian sedang melayani masyarakat yang memperpanjang masa aktif SIM di Kota Lama. f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Warga terlihat menggunakan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang hadir di kawasan Kota Lama, Jalan Merdeka, Tanjungpinang.

Layanan mobil SIM Keliling yang standby di depan Polsek Tanjungpinang Kota melayani ini dilakukan tiga hari dalam seminggu. ”Layanannya mulai Kamis hingga Sabtu,” kata Brigadir Dorry petugas SIM Keliling kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (28/12).

Ia menuturkan, jam pelayanan setiap harinya berbeda-beda. Untuk hari Kamis, layanan dimulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk layanan pada Jumat akan lebih cepat selesai, yaitu pukul 11.30 dan Sabtu 12.30.

Ia menegaskan, mobil pelayanan SIM Keliling hanya untuk perpanjang saja. Persyaratan cukup mudah yakni hanya membawa fotokopi KTP dan SIM asli yang masih berlaku dan surat kesehatan.

Serta mengisi formulir yang kemudian datanya akan diinput oleh petugas yang bertugas. Jika sudah membawa semua syarat diminta, maka SIM baru segera di cetak.

Dituturkannya, dalam satu hari hanya sekitar lima orang melakukan perpanjangan SIM di mobil SIM keliling, bahkan juga kurang dari itu.

Mobil ini memang dirancang untuk melayani pembuatan SIM perpanjangan. Sembari melakukan input data, petugas juga akan melakukan proses sidik jari, dan pembambilan foto. ”Dengan SIM keliling prosesnya tidak lama. sekitar 15 menit SIM sudah jadi,” sebutnya.

Pos pelayanan dibagi menjadi dua lokasi. Mulai Senin hingga Rabu, pelayanan SIM keliling berada di Batu 9. Di kawasan Pasar Tanjungpinang mulai Kamis hingga Sabtu. Mobil ini dapat ditemui di sekitar Polsek Tanjungpinang Kota.

Rahman warga Pelantar I mengatakan, dengan adanya mobil SIM ini, lebih mumudahkan. Ia tidak perlu pergi jauh-jauh ke Polres di Batu 5 untuk memperpanjang SIM.

”Ini perpanjang SIM C, dari pada mati harus buat baru mending dari sekarang sudah di perpanjang,” tuturnya.

Menurutnya, sejauh ini keberadaan mobil SIM keliling ini dirasa efektif. Tidak hanya memudahkan warga untuk perpanjangan masa SIM, tetapi juga sekaligus dapat melayani masyarakat yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai proses pembuatan SIM. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here