Keinginan Warga Segera Terwujud

0
106
PANORAMA indah air mancur menari, saat pengetesan di tengah kolam taman Kota Kijang, Sabtu (1/12) malam lalu. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

Disperkim Uji Coba Air Mancur Menari di Kijang

KEINGINAN warga Bintan untuk memiliki objek wisata baru air mancur di Kijang, yang disampaikan kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi segera terwujud. Proyek pembangunan air mancur dengan konsep dancing and water screen laser (menari dengan layar laser) ini sudah dilakukan uji coba, Sabtu (1/12) malam lalu.

BINTAN – ”Proyek pembangunan air mancur di Kijang, sudah hampir rampung. Proyek sekitar Rp 12 miliar ini tinggal finishing. Kalau sudah siap, air mancur ini menjadi destinasi wisata baru di Kijang. Ini permintaan warga, yang kita wujudkan akhir tahun 2018 ini,” kata H Apri Sujadi Bupati Bintan, baru-baru ini.

Kadis Perkim Herry Wahyu melalui Kabid Permukiman Bayu Wicaksono menjelaskan, progres pekerjaan proyek air mancur di tengah kolam taman Kota Kijang, sudah mencapai 83 persen. Secara umum, fisik untuk air mancur dan sarana pendukung lainnya sudah selesai. Dalam minggu ini, akan dilakukan pemasangan beberapa fitur dari air mancur tersebut.

”Beberapa fitur utama yang dipasang, sudah kami tes dan uji coba. Hasilnya, masyarakat Bintan yang ada di taman Kota Kijang, sangat antusias saat pengetesan, Sabtu (1/12) malam kemarin,” kata Bayu kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (2/12) kemarin.

Saat uji coba, Bayu menyebutkan, baru 6 fitur air mancur yang dioperasikan. Yaitu fitur centre fountain vertikal jet, fitur slow motion berupa lingkaran bergantian dengan water jet, fitur dancing swing/wide, fitur lampu layar laser (LED) api sebagai existing di tengah kolam, fitur water screen plus laser dan sound system.

”Untuk sound system ini, baru 1 unit yang dioperasikan saat uji coba itu, dari 4 yang akan digunakan saat show nanti. Karena, 3 unit speaker masih dalam proses wiring system, settingan dan kalibrasi,” jelas Bayu.

Kemudian, lanjutnya, LED api pada proyek pembangunan air mancur ini, bakal digunakan untuk malam selikur (Ramadan) dan variasi di atas kolam. Fitur ini bisa juga ditampilkan setiap malam. Sedangkan fitur yang sedang dalam proses pemasangan antara lain fire shoot, sebagian hidrolik, safety valve dan beberapa fitur pendukung lainnya.

”Kami bangga dan meminta kepada rekanan, untuk mempercepat penyelesaian proyek air mancur menari ini. Karena, warga yang sempat menyaksikan pengetesan malam pertama kemarin (Sabtu malam, red), sangat antusias,” tambah Bayu.

”Sebelum akhir bulan Desember 2018 ini sudah selesai proyeknya,” tambah Bayu.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here