Kejagung Limpahkan Kasus Mikol ke Kejari

0
132
Arief Syafriyanto

TANJUNGPINANG – Kejaksaan Agung limpahkan tahap dua kasus dugaan penyelundupan sebanyak 700 kardus minuman beralkohol (Mikol) dengan tersangka Rudi Parman alias Ahong. Mikol ini ditangkap Kodim 0315/Bintan belum lama ini ke Kejari Tanjungpinang.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Tanjungpinang Arief Syafriyanto mengatakan, sudah tahap dua Kejaksaan Tanjungpinang mempersiapkan berkas dakwaan agar segera disidangkan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan menyidangkan nantinya yakni Leo Hutagalung dan Nolly Wijaya. Setelah berkas dakwaan selesai nantinya langsung dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang. ”Kami menunjukan JPU yang akan menyidangkan Leo Hutagalung dengan Nolly Wijaya,” katanya Selasa (10/7).

Menurutnya, pasal yang dilanggar 106 UU nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman 4 tahun dan denda Rp10 miliar. ”Untuk tersangka tidak di tahan karena pasal yang dikenakan Undang-Undang perdagangan, dengan ancaman hukuman 4 tahun,” sebutnya.

Sebelumnya, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan menyatakan telah menetapkan tersangka dugaan penyelundupan 700 kardus minuman beralkohol (Mikol) yang ditangkap Kodim 0315/Bintan beberapa waktu lalu.

Berdasarkan permohonan penyitaan yang diajukan penyidik PKTN Kementerian Perdagangan, Pengadilan Negeri Tanjungpinang telah mengeluarkan izin penyitaan untuk 700 kardus Mikol ilegal dari berbagai jenis dan merek, karena tidak memiliki izin impor dan tidak membayar cukai atas etil alkohol. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here