Kekurangan 495 Surat Suara Tiba di Pinang

0
291
Salah satu warga yang bertugas melakukan pelipatan surat suara menunjukkan surat suara untuk Pilkada Kota Tanjungpinang, baru-baru ini. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

Kekurangan 495 lembar surat suara untuk Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang 27 Juni mendatang telah tiba di Tanjungpinang Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Minggu (10/6) sekitar pukul 13.00 WIB.

TANJUNGPINANG – Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang telah menerima 147.471 lembar surat suara untuk Pilkada Tanjungpinang 2018.

Setelah proses penghitungan surat suara yang diterima ada kekurangan 320 surat suara dari jumlah yang dibutuhkan. Setelah disortir ditemukan 175 surat suara yang rusak dan tidak bisa pakai. Jadi, total kekurangan surat suara untuk Pilkada Tanjungpinang mencapai 495 lembar.

KPU didampingi Panwaslu dan pihak keputusan kemudian pergi mengambil kekurangan tersebut ke percetakan surat suara Pilkada Tanjungpinang di Kota Kudus Jawa Tengah. Kekurangan surat suara diangkut mengunakan maskapai Garuda Indonesia. Saat pengambilan surat suara di jaga ketat oleh oleh pihak kepolisian, panwaslu dan KPU dan tim sukses kedua paslon tersebut.

Menurut Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin surat suara yang sampai di Kantor Sekretariat KPU Kota Tanjungpinang, adalah surat suara yang diganti oleh pihak percetakan tersebut. Sebelumnya, surat suara tersebut ada ditemukan sobek, terlipat, masih menyatuh hingga terkena bercak tinta.

”Alhamdulillah, sudah diganti semua surat suara kita yang tidak layak itu,” kata Muhammad Yusuf Mahidin kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (10/6).

Dikatakan Yusuf, pihaknya akan langsung melipat surat suara tersebut agar pekerjaan pelipatan surat suara bisa cepat selesai. Sehingga pihaknya bisa mengerjakan perlengkapan alat lainnya untuk kebutuhan pencoblosan nanti.

Mulai dari formulir C, formulir C Pleno, tinta, paku hingga alat bantu coblos tuna netra, sampul, foto calon yang akan ditempel di dinding TPS, hingga plastik.

”Semua ini perlu kita selesaikan. Rencana kita beso (hari ini, Senin, red) kita lakukan mulai kita lakukan pengesetan dan pengepakan surat suara,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here